Ada banyak hewan dan tumbuhan di sekitar kita. Hewan ada yang menguntungkan manusia. Ada juga yang merugikan manusia. Tumbuhan ada yang menguntungkan manusia. Ada juga yang merugikan manusia.

1. Peranan Hewan bagi Manusia

Bermacam macam hewan dan tumbuhan yang telah diciptakan Alloh di muka bumi ini harus kita manfaatkan dengan baik. Kita tidak boleh merusaknya. Kita harus merawatnya supaya tetap lestari.

Hewan ada yang diambil dagingnya, susunya, telurnya ataupun tenaganya. Coba perhatikan susu yang kamu minum setiap hari, asalnya dari mana? Daging yang biasa kamu makan, asalnya dari mana? Telur yang kamu makan asalnya dari mana? Tentu semuanya berasal dari hewan.

   

Mengapa orang memelihara kuda atau sapi? Kuda dipelihara untuk diambil tenaganya. Kuda dapat dipakai untuk menarik delman atau dipakai untuk berolahraga. Sapi di pelihara karena diambil dagingnya, susunya juga tenaganya. Kotoran sapi juga bisa digunakan untuk membuat pupuk.

Selain hewan yang dapat diambil manfaatnya, ada juga yang merugikan manusia. Misalnya tikus, nyamuk dan lalat. Tikus merugikan karena dapat merusak padi dan sering mencuri makanan. Lalat suka hinggap di makanan dan dapat menyebarkan penyakit perut. Nyamuk suka menggigit manusia dan dapat menyebarkan penyakit malaria dan demam berdarah. Oleh karena itu kita harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal supaya terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa disebarkan oleh hewan yang merugikan.

   

2. Peranan Tumbuhan bagi Manusia

Tumbuhan yang ada di sekitar kita bermacam macam kegunaannya. Ada yang diambil bijinya, bunganya, batangnya atau buahnya. Tumbuhan sangat berguna bagi kita. Ada yang dijadikan makanan, sayuran, obat dan juga untuk hiasan. Tumbuhan yang dijadikan sumber makanan utama contohnya padi jagung dan gandum. Tumbuhan yang diambil buahnya contohnya salak, pepaya, jeruk, apel. Sedangkan contoh tumbuhan sayur-sayuran adalah buncis, wortel, tomat dan kol.  Tumbuhan yang bisa dijadikan obat contohnya kumis kucing, jahe, kunyit dan sirih. Tumbuhan yang biasa dijadikan hiasan contohnya adalah mawar, melati, anggrek dan dahlia. Selain itu ada tumbuhan yang digunakan sebagai bahan bangun yaitu tumbuhan yang berkayu. Tumbuhan yang diambil kayunya misalnya jati, mahoni dan sengon.

     

Ada pula tumbuhan yang merugikan karena dapat merusak atau merugikan tumbuhan lainnya. Contoh tumbuhan yang merugikan adalah tali putri dan benalu.

 

 

Latihan Soal

Anak-anakku, silahkan di download soal-soal dibawah ini untuk belajar di rumah. Selamat belajar.

Soal Latihan 4 Makhluk Hidup yang Menguntungkan dan Merugikan_Paket_01

Soal Latihan 4 Makhluk Hidup yang Menguntungkan dan Merugikan_Paket_02

Soal Latihan 4 Makhluk Hidup yang Menguntungkan dan Merugikan_Paket_03

Soal Latihan 4 Makhluk Hidup yang Menguntungkan dan Merugikan_Paket_04

 

Daftar Pustaka

Ilmu Pengetahuan Alam 2 : untuk SD dan MI kelas II/Heri Sulistyanto, Edi Wiyono; editor Robin Ginting,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk SD/MI Kelas 2/Sri Purwati, Pama Leyn, Dwi Klarasari, Ambar, Fitriasari ,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Mari  Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II/SD/MI/oleh Sjaeful Anwar, Cucu Suhendar. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/oleh S Rositawaty dan Aris Muharam. – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.