Anak-anakku, diantara kalian mungkin ada yang sudah pernah berlibur di pantai. Saat pagi hari, ketika kita berdiri di tepi pantai dan mengamati matahari terbit, kita dapat melihat matahari terbit dari sebelah timur. Ke manakah arah bayangan kalian ketika itu? Bagaimana panas cahaya matahari pada pagi hari?

A. Kedudukan Matahari

Matahari merupakan sumber energi panas bagi bumi. Matahari merupakan sumber energi cahaya bagi bumi. Pernahkah kalian mengamati matahari pada waktu, pagi, siang dan sore hari? Bagaimanakah posisinya? Matahari terbit dari sebelah timur. Semakin siang, kedudukan matahari akan terus meninggi. Pukul 12 siang, matahari tepat di atas kita. Selanjutnya, matahari akan turun lagi. Lalu, matahari bergerak ke arah barat. Hal tersebut menunjukkan hari semakin sore. Akhirnya, matahari akan terbenam di sebelah barat.

Bagaimanakah suasana pada pagi hari? Bagi kalian yang berada di daerah pegunungan. Saat pagi hari, kalian melihat matahari terbit seolah-olah dari balik gunung. Berbeda dengan di daerah pegunungan, di daerah pantai, matahari terbit seolah-olah dari laut. Bayangan matahari dapat dilihat di air laut.  Di perkotaan banyak gedung tinggi. Matahari seolah-olah terbit dari balik gedung. Matahari seolah-seolah terbenam di gedung.

    

B. Bayangan Saat Pagi, Siang, dan Sore Hari

Pernahkah kalian melihat bayanganmu? Apakah bayangan itu? Bayangan adalah daerah yang tidak terkena cahaya. Banyangan terhalang oleh suatu benda. Bentuk bayangan dapat serupa dengan bendanya. Bayangan dapat pula tidak serupa dengan bendanya. Ukuran bayangan dapat lebih pendek daripada aslinya. Ukuran bayangan dapat lebih panjang daripada aslinya. Ukuran bayangan dapat lebih besar daripada aslinya. Ukuran bayangan juga dapat lebih kecil daripada aslinya. Bagaimanakah bayangan benda pada pagi dan siang hari? Bagaimanakah bayangan benda pada sore hari? Pada saat pagi hari bayangan tubuh kita lebih panjang daripada tubuh kita. Bayangan tubuh kita juga lebih besar daripada tubuh kita. Bayangan kita arahnya ke barat. Pada saat siang hari. Bayangan kita lebih pendek daripada pagi hari. Pada saat sore hari. Bayangan kita serupa dengan bayangan kita pada pagi hari. Bayangan kita arahnya ke timur.

 

Latihan Soal

Anak-anakku, silahkan di download soal-soal dibawah ini untuk belajar di rumah. Selamat belajar.

Soal Latihan 8 Bentuk Matahari_Paket_01

Soal Latihan 8 Bentuk Matahari_Paket_02

Soal Latihan 8 Bentuk Matahari_Paket_03

Soal Latihan 8 Bentuk Matahari_Paket_04

 

Daftar Pustaka

Ilmu Pengetahuan Alam 2 : untuk SD dan MI kelas II/Heri Sulistyanto, Edi Wiyono; editor Robin Ginting,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk SD/MI Kelas 2/Sri Purwati, Pama Leyn, Dwi Klarasari, Ambar, Fitriasari ,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Mari  Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II/SD/MI/oleh Sjaeful Anwar, Cucu Suhendar. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/oleh S Rositawaty dan Aris Muharam. – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

18 responses »

  1. Tulisan Bapak sangat membantu dalam menambah literatur dalam pelajaran sains.Kebetulan anak saya sekarang kelas 2 di SD Muhammadiyah 8-10 Banjarmasin

  2. Terima kasih Pak Supri, ini Davana sudah download soal-soal yang Bapak sediakan untuk dikerjakan pada liburan ini…

    • Waduh, pertanyaan yang bagus nih. Perlu diperjelas terkait dengan kedudukan matahari pada saat angin apa ya?
      Perlu diingat, angin terjadi karena perbedaan tekanan udara di dua daerah yang berbeda. Udara bergerak dari daerah yang tekanan udaranya lebih besar menuju daerah yang tekanan udanya lebih kecil.
      Mengapa suatu daerah dikatakan tekanan udaranya lebih kecil? Daerah bisa bertekanan udara kecil karena disana ada sedikit udara, sedikitnya udara ini bisa terjadi karena penguapan akibat pemanasan atau yang lainnya. Ingat, apabila udara terkena panas (bisa saja dari panas matahari), maka udara akan memuai. Karena memuai maka udara cenderung ringan dan naik ke atas. Daerah yang ditinggalkan udara tersebut menjadi bertekanan kecil. Begitu penjelasannya. Semoga bisa menjawab pertanyaannya ya…

  3. saya mau tanya Pak Supri..kata guru anak saya bayangan matahari pada waktu sore hari berada di seblah utara…apa betul??? sedangkan menurut saya ada di sebelah timur??? manakah yang benar?? makasih infonya

    • Thanks Pak Yani for your comment.
      Hehe sebenarnya Pak Yani tahu jawabannya kan? Pasti nge-test saya.
      Betul sekali Pak Yani, pada waktu sore hari bayangan matahari berada di sebelah timur. Namun ada beberapa kasus ketika posisi matahari berada di bumi bagian selatan, maka bayangan matahari pada sore hari berada di arah timur laut (yang mungkin ini dikatakan oleh anak Pak Yani bayangan matahari berada di sebelah utara.

  4. ada yang tanya pada saya, kenapa bayangan pada pagi dan sore hari terlihat lebih panjang dari bendanya, saya jawab karena posisi matahari belum tinggi, tapi sepertinya jawaban saya masih kurang srek. Mengharap bantuan bapak gimana jawaban yang sebenar benarnya, makasih

    • hmmm, pertanyaan yang sulit nih Paks. Dalam ilmu fisika, bayangan terbentuk karena sifat cahaya yang merambat lurus dan cahaya hanya menembus benda yang bening. Dalam hal ini bayangan suatu benda terbentuk akibat cahaya matahari terhalang oleh benda yang tidak bening.
      Saya pikir jawaban Bapak sudahlah benar, saat posisi matahari randah terhadap benda. Maka bayangannya akan panjang. Semoga tambah bingung (hloh?)

    • Mbak Ayla yang baik hati. Panjang pendeknya bayangan suatu tergantung kepada jauh dekatnya matahari dengan bumi dan juga besarnya sudut datang cahaya dari matahari yang mengenai benda tersebut.
      Untuk mengetahui secara pasti berapakah perbandingan panjang bayangan dengan benda aslinya harus melalui perhitungan yang ‘panjang’ karena melibatkan jarak matahari dengan bumi (yang berubah-ubah menurut waktunya) dan juga sudut datangnya cahaya matahari yang mengenai benda tersebut. Yang jelas panjang bayangan pada pagi hari lebih panjang daripada panjang benda aslinya. OK?

    • Dalam bahasa Indonesia kita mengenal beberapa kata yang mengacu ke saat tertentu yang merupakan bagian hari, siang, malam, pagi, dan sore. Persepsi orang berbeda-beda terhadap pengertian yang diacu oleh kata itu.
      Hal itu terlihat pada keberagaman batasan yang diberikan oleh beberapa kamus dan keberagaman pengertian dalam pemakaian sehari-hari. Kita terkadang bingung menyapa orang lain pada pukul 10.00, apakah dengan selamat siang atau selamat pagi, pukul 15.00 itu dengan selamat siang atau selamat sore, dan lain sebagainya.
      Begitu pun penyiar berita di televisi, jika lewat pukul 00.00 atau pukul 24.00 terkadang suka menyapa dengan selamat pagi. Benarkah sapaan itu?
      Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pagi berarti, 1) bagian awal dari hari; 2) waktu setelah matahari terbit hingga menjelang siang hari. Artinya pagi bermakna waktu menjelang matahari terbit atau saat mulainya hari. Atau dengan kata lain, pagi adalah bagian akhir dari malam dan bagian awal dari siang.
      Siang berarti 1) bagian hari yang terang, yaitu dari matahari terbit sampai terbenam; 2) waktu antara pagi dan petang, yaitu kira-kira pukul 11.00–14.00; 3) sudah lepas pagi atau hampir tengah hari; sudah lepas tengah hari atau hampir petang.
      Sore berarti petang, petang adalah waktu sesudah tengah hari, kira-kira dari pukul 15.00 sampai matahari terbenam. Malam berarti waktu setelah matahari terbenam hingga matahari terbit.
      Dari pengertian pagi menurut KBBI di atas, jika sapaan selamat pagi diartikan “awal hari”, sapaan penyiar berita itu sudah benar. Mungkin penyiar berita tersebut bermaksud mengingatkan penonton bahwa saat itu hari baru sudah dimulai.
      Pengertian pagi, siang, sore, dan malam dalam KBBI itu dikaitkan pada dua hal, yaitu: 1) keadaan alam, ada tidaknya matahari atau keadaan terang dan gelap; dan 2) jam yang menjadi penunjuk waktu. Di ujung timur Pulau Jawa, misalnya, pada pukul 06.00 matahari sudah kelihatan dan tidak dapat lagi disebut subuh.
      Bagi penduduk di tempat itu sinar matahari pada pukul 14.00 sudah tidak sedemikian panas sehingga mereka menganggap saat itu sudah sore.
      Sementara itu, di ujung utara Pulau Sumatera, pada pukul 06.00 matahari belum muncul, saat itu dikatakan masih subuh. Pada pukul 14.00, sinar matahari masih terasa panas dan orang di sana menganggap saat itu masih siang.
      Di daerah yang dekat kutub, misalnya Negeri Belanda, pada bulan tertentu matahari masih kelihatan pada pukul 21.00. Meskipun demikian, orang sepakat menyebut saat itu sudah malam.
      Perbedaan persepsi itu juga memengaruhi salam saat kita menyapa. Batas pagi dan siang tidak dapat ditentukan secara tegas. Meskipun demikian, kita lazim mengucapkan selamat siang antara pukul 10.00 dan pukul 14.00. Selamat sore lazim diucapkan antara pukul 14.00 dan pukul 18.30. Pada pukul 16.30 sampai pukul 18.30, pada situasi yang formal, lazim diucapkan selamat petang. Selamat malam lazim diucapkan antara pukul 18.30 dan 04.00. Kita tidak lazim mengucapkan selamat subuh atau selamat dini hari. Antara pukul 04.00 dan pukul 10.00 lazim diucapkan selamat pagi.
      So, menurut saya jawaban Dik Alif sudah betul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s