Pada suatu hari minggu pagi yang indah. Ibu sibuk menyetrika baju. Ayah sedang asyik menonton televisi. Ahmad membaca buku cerita. Fatimah mendengarkan radio. Aisyah mengerjakan tugas menggunakan laptop. Tiba tiba listrik padam. Setrika ibu mati, televisi juga mati. Setrika dan televisi memakai energi listrik.Radio Fatimah tetap berbunyi. Laptop Aisyah tetap menyala. Radio Fatimah dan laptop Aisyah memakai energi baterai. Ruangan tetap terang oleh cahaya matahari. Matahari sumber energi utama. Tahukah kalian benda yang dapat berbunyi? Tahukah kalian benda yang dapat bercahaya? Tahukah kalian benda yang dapat bergerak?

A. Bentuk Bentuk Energi

Setiap malam kalian belajar diterangi lampu. Lampu mengeluarkan cahaya. Cahaya adalah bentuk energi. Energi cahaya membuat terang. Ketika kita mendengarkan radio. Radio menghasilkan bunyi. Bunyi adalah bentuk energi. Energi bunyi didengar telinga. Bunyi radio adalah bentuk energi. Cahaya lampu adalah bentuk energi.

Ketika ibu menyetrika baju di rumah. Setrika menghasilkan panas. Panas adalah bentuk energi. Panas setrika membuat baju menjadi halus dan rapi. Saat di sekolah, ketika kelas kita terasa panas, kalian menghidupkan kipas angin. Kipas angin bergerak. Gerak adalah bentuk energi. Gerak kipas menghasilkan angin. Panas setrika adalah bentuk energi. Gerak kipas adalah bentuk energi. Sekarang kalian tahu, ada berbagai bentuk energi. Bunyi, cahaya, panas dan gerak.

B. Alat-alat Penghasil Energi

Di rumah kalian tentu banyak alat rumah tangga. Alat-alat itu dapat menghasilkan energi. Ada alat yang menghasilkan bunyi. Contohnya televisi, radio dan telepon. Ada alat yang menghasilkan panas, contohnya setrika, penanak nasi dan kompor. Ada alat yang menghasilkan cahaya, contohnya lampu dan senter. Dan ada alat yang menghasilkan gerak, contohnya kipas angin dan jam dinding.

   

   

 

 

Banyak benda lain penghasil energi. Berbagai alat musik menghasilkan bunyi. Caranya berbeda-beda. Biola berbunyi bila digesek. Seruling berbunyi bila ditiup. Piano berbunyi bila tuts piano ditekan. Drum berbunyi bila dipukul. Di jalan banyak benda penghasil energi. Ada benda penghasil bunyi, contohnya klakson kendaraan dan peluit polisi. Ada benda penghasil panas, contohnya knalpot kendaraan. Ada benda penghasil cahaya, contohnya lampu kendaraan, lampu jalan dan lampu lalu lintas. Di jalan juga banyak benda penghasil gerak, contohnya roda mobil dan sepeda motor.

C. Energi berasal dari sumber energi

Siang hari cahaya matahari sangat terang. Panas matahari membuat berkeringat. Matahari memberikan cahaya dan panas. Matahari sumber energi. Aliran air menggerakkan perahu. Aliran air menggerakkan kincir air. Banjir menghanyutkan rumah. Aliran air menggerakkan benda. Air sumber energi. Layang-layang bergerak ditiup angin. Perahu bergerak ditiup angin. Bendera berkibar ditiup angin. Angin menggerakkan benda. Angin sumber energi. Tabung gas berisi gas elpiji. Tabung gas dihubungkan ke kompor. Kompor gas bisa menyala. Kompor minyak berisi minyak tanah. Kompor minyak tanah dapat menyala. Gas dan minyak tanah sumber energi. Televisi dan lampu menyala bila dihubungkan dengan listrik. Senter menyala bila diisi baterai. Mainan bergerak bila diisi baterai. Listrik dan baterai sumber energi.

 

Latihan Soal

Anak-anakku, silahkan di download soal-soal dibawah ini untuk belajar di rumah. Selamat belajar.

Soal Latihan 6 Sumber-sumber Energi_Paket_01

Soal Latihan 6 Sumber-sumber Energi_Paket_02

Soal Latihan 6 Sumber-sumber Energi_Paket_03

Soal Latihan 6 Sumber-sumber Energi_Paket_04

 

Daftar Pustaka

Ilmu Pengetahuan Alam 2 : untuk SD dan MI kelas II/Heri Sulistyanto, Edi Wiyono; editor Robin Ginting,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk SD/MI Kelas 2/Sri Purwati, Pama Leyn, Dwi Klarasari, Ambar, Fitriasari ,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Mari  Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II/SD/MI/oleh Sjaeful Anwar, Cucu Suhendar. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/oleh S Rositawaty dan Aris Muharam. – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

2 responses »

    • Terimakasih telah berkenan meninggalkan komentar. Sungguh kebahagiaan bisa berbagi. Semoga bisa bermanfaat. Ditunggu kritik dan sarannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s