Setiap anggota keluarga memiliki kedudukan. Setiap anggota keluarga juga memiliki peran. Peran disebut juga tugas atau kewajiban. Setiap anggota keluarga harus menjalankan peran dengan baik.

Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian sudah menjalankan peran kalian dengan baik? Pada bab ini akan dipelajari peran dan kedudukan tersebut.

A. Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga

Keluarga terbentuk karena pernikahan. Keluarga inti terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Keluarga Pak Supri terdiri atas Pak Supri, Bu Iffah, Zuha, dan Ahmad. Pak Supri berkedudukan sebagai suami. Ia suami dari Bu Iffah. Pak Supri juga berkedudukan sebagai ayah. Ia ayah dari Zuha dan Ahmad.

Pak Supri juga berkedudukan sebagai kepala keluarga. Ia kepala keluarga bagi istri dan anaknya. Bu Iffah berkedudukan sebagai istri. Ia istri dari Pak Supri. Bu Iffah juga berkedudukan sebagai ibu. Ia ibu dari Zuha dan Ahmad. Ia juga berkedudukan sebagai kepala rumah tangga.

Zuha anak Pak Supri dan Bu Iffah. Zuha adalah kakak Ahmad. Zuha anak pertama keluarga Pak Supri. Zuha disebut anak sulung. Kedudukan Zuha dalam keluarga sebagai anak.

Ahmad anak Pak Supri dan Bu Iffah. Ahmad adalah adik Zuha. Ahmad adalah anak terakhir di keluarganya. Ahmad disebut anak bungsu. Kedudukan Ahmad sebagai anak. Ia juga sebagai anggota keluarga.

Apa peran setiap anggota keluarga? Peran adalah sesuatu yang harus dilakukan. Peran harus sesuai dengan kedudukannya. Apa peran Pak Supri sebagai suami? Ia harus melindungi istrinya. Ia harus menyayangi istrinya. Ia harus menafkahi istrinya.

Apa peran Pak Supri sebagai ayah? Ia harus melindungi anaknya. Ia harus menyayangi anaknya. Ia harus memenuhi kebutuhan anaknya. Ia harus mendidik anaknya.

Apa peran Bu Iffah sebagai istri? Ia harus menyayangi suaminya. Ia harus patuh kepada suaminya. Ia harus menuruti perintah suaminya.

Apa peran Bu Iffah sebagai ibu? Ia harus melindungi anaknya. Ia harus menyayangi anaknya. Ia harus memenuhi kebutuhan anaknya. Ia harus mendidik anaknya.

Apa peran Zuha dan Ahmad sebagai anak? Mereka harus patuh kepada orangtua. Mereka harus berbakti kepada orangtua. Mereka harus membantu orangtua. Apa peran Zuha sebagai kakak? Ia harus menyayangi adiknya. Ia harus melindungi adiknya. Ia harus mendidik adiknya. Apa peran Ahmad sebagai adik? Ia harus menyayangi kakaknya. Ia harus melindungi kakaknya. Ia harus membantu kakaknya.

B. Silsilah Keluarga

Silsilah keluarga adalah asal–usul suatu keluarga. Ada ayah dan ada ibu. Ayah dan ibu juga memiliki orangtua. Orangtua ayah dan ibu adalah kakek dan nenek. Ayah dan ibu juga memiliki adik dan kakak. Adik dan kakak ibu memiliki anak. Inilah yang dinamakan silsilah keluarga. Sudahkah kalian mengetahui silsilah keluargamu?

 

Soal Latihan

Soal Latihan 4 Peran Setiap Anggota Keluarga_Paket_01

Soal Latihan 4 Peran Setiap Anggota Keluarga_Paket_02

Soal Latihan 4 Peran Setiap Anggota Keluarga_Paket_03

 

Daftar Pustaka

Ilmu Pengetahuan Sosial 2 untuk SD dan MI Kelas II/Tri Jaya Suranto, A. Dakir, Editor Vivi Vibariani — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Dasar/MI Kelas 2/oleh Kuswanto dan Y.Suharjanto; Editor: Ayang Susatya. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Mengenal Lingkungan Sekitar untuk SD/MI Kelas II/oleh Nurhadi dan Hartitik Fitria Rahmawati; Tim Editor Citra Praya (ed).  — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s