Memanfaatkan Komputer Bukan Hanya Untuk Pengganti Papan Tulis

Standar

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah tantangan tersendiri bagi pendidik. Bagaimana kita sebagai pendidik dapat mengakomodir kebutuhan siswa terkait dengan kecakapan memanfaatkan teknologi dengan benar. Sudah saatnya guru masa kini berada di depan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar. Sudah saatnya para pendidik mulai membawa perangkat TIK (Teknologi Informasi dan Informasi) yang dimilikinya kedalam kelas untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Saat ini mungkin juga beberapa diantara teman-teman pendidik sudah melaksanakan hal ini. Namun sebagaian besar dari kita mungkin hanya memanfaatkan perangkat TIK tersebut sebagai perangkat presentasi pengganti papan tulis yang arahnya hanya satu arah saja, tidak lebih dari itu.

Dengan hanya menjadikan perangkat TIK sebagai media presentasi satu arah, misalnya untuk menjelaskan materi pembelajaran di depan kelas saja maka pemanfaatan TIK tersebut tidak akan membawa manfaat lebih kepada para siswa. Padahal dengan kreatifitas, sebagai seorang didik kita dapat memanfaatkan TIK yang ada untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas.

Tidak semua pemanfaatan TIK di dalam kelas menjadi efektif untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran. Terdapat beberapa hal yang dapat membuat TIK menjadi efektif ketika dibawa kedalam kelas yaitu ketika TIK digunakan di kelas untuk : (1) Mendukung tercapainya tujuan pembelajaran, (2) Melatih kecakapan media dan informasi sebagai kebutuhan abad ke-21, (3) Menciptakan suasana kelas aktif dan menyenangkan, (4) Menyampaikan pembelajaran bermakna, (4) Memberikan ruang akses kepada siswa untuk bereksplorasi dan berkreatifitas, (5) Berlatih menyelesaikan permasalahan sehari-hari, (6) Melatih kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi dan bekerja sama dalam kelompok, dan (7) Membawa siswa ke tingkat pemikiran yang lebih tinggi.

Selain hal-hal diatas tentu masih banyak hal lain yang belum dituliskan. Tentu saja hal diatas dapat juga dilakukan dengan perangkat lainnya (selain TIK). Perlu diingat bahwa TIK hanyalah sebuah media dan perangkat pembelajaran, sama dengan papan tulis, kertas dan spidol. Hanya lewat kreatifitaslah para pendidik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Jadi semua kembali pada pengembangan skenario pembelajaran yang dikembangkan oleh para pendidik, bukan pada teknologinya saja.

Sebagai penutup, sempuran TIK sepertinya, mau tidak mau akan tetap datang di lingkungan kita dan anak didik, bahkan sekarangpun gelombang tersebut telah berada di tengah-tengah kita. Mari kita persiapkan anak didik kita untuk menghadapi masa depan, mulai sekarang bukan nanti! Selamat mencoba!. (Disarikan dari beberapa sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s