Anak-anakku, selamat datang di web blog Catatan Mr.Supri.

Pada semester 1 ini kalian akan memulai pelajaran IPA dengan mempelajari bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan. Selamat belajar.

Bagian-Bagian Utama Tubuh Hewan dan Tumbuhan

A. Bagian-Bagian Utama Tubuh Hewan dan Kegunaannya

Kalian pasti sering melihat hewan-hewan yang ada di sekitar kalian. Hewan-hewan tersebut diantaranya adalah kucing, ayam dan sapi. Hewan-hewan itu memiliki bagian-bagian tubuh. Pernahkah kalian memperhatikan bagian-bagian tubuhnya? Apakah kegunaan setiap bagian tubuh hewan tersebut?

1. Bagian-Bagian Utama Tubuh Kucing

Tubuh kucing terdiri atas kepala, tubuh, kaki dan ekor. Seluruh tubuh kucing diselimuti rambut tebal. Kucing berkaki empat, digunakan untuk berjalan, berlari atau melompat. Kucing memiliki kuku yang tajam. Kuku kucing yang tajam berguna untuk menerkam mangsa. Kuku kucing juga digunakan untuk memanjat pohon.

Penglihatan kucing sangat tajam. Dengan penglihatannya yang tajam, kucing mengintai mangsanya. Kucing mempunyai gigi yang runcing. Gigi yang runcing disebut gigi taring yang gunanya untuk merobek-robek makanan. Di atas mulutnya ada rambut panjang dan kaku disebut kumis. Ekor kucing ada yang panjang dan ada yang pendek. Ekor kucing berguna untuk keseimbangan ketika berlari.

2. Bagian-Bagian Utama Tubuh Burung

Ayam, bebek dan merpati adalah hewan yang dikelompokkan ke dalam bangsa burung. Bagian utama tubuh burung terdiri atas kepala, badan, sayap dan kaki. Pada bagian kepala bangsa burung terdapat mata, lubang hidung, lubang telinga dan paruh. Diatas kepada ayam terdapat jengger. Paruh gunanya untuk mematuk makanan. Bentuk paruh berbeda-beda tergantung dari makanannya. Burung yang makan biji-bijian misalnya merpati dan pipit. Burung yang makan daging misalnya elang, rajawali dan burung hantu. Tubuh bangsa burung diselimuti bulu. Bulu tersebut tidak mudah basah. Bulu itu membuat bangsa burung merasa hangat.

Sayap burung berguna untuk terbang. Tidak semua burung dapat terbang. Burung yang tidak dapat terbang adalah pinguin, kasuari dan burung onta. Pinguin, kasuari dan burung onta bergerak menggunakan kakinya.

Kaki burung berguna untuk hinggap dan berjalan. Bentuk kaki burung berbeda-beda. Kaki burung bangau panjang. Burung bangau biasa mencari makan di tempat berair. Bebek memiliki kaki berselaput. Selaput itu berada diantara jari kakinya. Selaput kaki berguna untuk berenang dan berjalan di tempat berlumpur.

3. Bagian-Bagian Utama Tubuh Sapi

Sapi mempunyai bagian tubuh khusus yaitu rambut, puting susu dan tanduk. Rambut sapi menyelimuti tubuh. Puting susu sapi betina berguna untuk menyusui anaknya. Sapi memiliki tanduk yang keras, yang berguna untuk melindungi dari musuh. Suara sapi adalah melenguh. Sapi menghasilkan susu dan daging. Selain itu ada juga sapi yang diambil tenaganya. Kotoran sapi dapat dimanfaatkan untuk pupuk dan juga sebagai bahan untuk mebuat biogas.

 

4. Bagian-Bagian Utama Tubuh Gajah

Tubuh gajah sangat besar. Gajah memiliki dua telinga yang sangat lebar. Kaki gajah sangat besar. Gajah mempunyai bagian tubuh khusus yaitu belalai dan gading. Belalai adalah hidung gajah yang sangat panjang.

Belalai gajah terdapat di atas mulut. Belalai ini berguna untuk memasukkan makanan ke mulut. Belalai gajah juga untuk menyemprotkan air ke tubuh. Gading adalah gigi gajah yang panjang seperti pipa. Gading berguna untuk melindungi diri saat diserang musuh.

5. Bagian-Bagian Utama Tubuh Ikan

Ikan adalah hewan yang hidupnya di air. Ikan tidak memiliki kaki. Ikan memiliki sirip, sisik dan ekor. Sirip digunakan untuk berenang. Sisik digunakan untuk melindungi tubuhnya. Ekor digunakan untuk berbelok arah saat berenang. Ikan bernafas dengan insang.

 

 

6. Bagian-Bagian Utama Tubuh Ular

Bentuk tubuh ular adalah bulat panjang seperti tali. Kulit ular bersisik licin. Ular tidak memiliki kaki, dan bergerak dengan otot perut. Ular ada yang memiliki bisa atau racun. Ketika menggigit mangsa, bisa ular dapat masuk ke tubuh mangsanya.

 

 

 

7. Bagian-Bagian Utama Tubuh Serangga

Hewan yang termasuk bangsa serangga adalah belalang, kupu-kupu, lalat dan lebah. Semua serangga berkaki enam. Ada serangga yang memiliki sayap. Sayap gunanya untuk terbang. Ada juga serangga yang tidak memiliki sayap misalnya semut. Di kepalanya terdapat sungut yang disebut antena. Antena berguna untuk alat peraga. Kupu-kupu dan lebah makanannya nektar. Nektar diperoleh dari bunga. Nektar adalah cairan manis untuk membuat madu.

 

 

A. Bagian-Bagian Utama Tubuh Tumbuhan dan Kegunaannya

Disekitar kita banyak tumbuhan. Bagian tubuh tumbuhan berbeda dengan bagian tubuh hewan. Bagian-bagian tumbuhan antara lain akar, batang, daun, bunga, buah dan biji.

1. Akar

Pernahkah kalian memerhatikan tumbuhan yang baru dicabut dari tanah? Jika pernah, kalian akan melihat bahwa ada bagian tumbuhan yang berada di atas tanah dan ada bagian tumbuhan yang berada di bawah tanah. Bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah adalah akar. Akar membuat tumbuhan menjadi tidak mudah untuk dicabut dari tanah. Jadi, akar berfungsi sebagai bagian yang mengokohkan tumbuhan.

Selain itu akar juga berfungsi menyerap air dan zat hara dari dalam tanah. Beberapa tumbuhan mempunyai akar berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan misalnya singkong. Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang.

2. Batang

Bagian tumbuhan yang berada di atas tanah adalah batang. Batang berfungsi sebagai tempat munculnya daun, bunga, dan buah. Di samping itu, batang juga berfungsi untuk mengedarkan air dan zat hara yang diserap akar.

Batang ada yang bercabang dan tidak bercabang. Batang juga ada yang berkayu dan tidak berkayu. Batang juga ada yang berongga dan ada juga yang beruas-ruas.

 

3. Daun

Daun tumbuhan biasanya berwarna hijau. Daun menempel pada batang. Bentuk daun bermacam-macam. Daun ada yang lurus sejajar seperti pita misalnya adalah daun padi. Daun ada yang seperti jari misalnya adalah daun singkong. Ada juga yang bentuknya seperti sirip ikan misalnya daun mangga. Daun adalah bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat memasak makanan atau fotosintesis.

 

 

4. Bunga

Bunga pada tumbuhan bentuknya bermacam-macam. Warna bunga juga bermacam-macam. Bau bunga ada yang harum dan juga ada yang tidak harum. Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan.

 

 

 

5. Buah dan Biji

Kalian tentunya sangat suka makan buah-buahan. Apakah sebenarnya buah itu? Sebenarnya buah merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi melindungi biji. Buah terdiri atas daging buah dan biji. Bagian yang kalian makan biasanya daging buahnya. Jika biji ditanam akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Biji itu berkeping. Biji ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua. Biji berkeping satu disebut monokotil dan biji berkeping dua disebut dikotil.

 

Latihan Soal

Anak-anakku, silahkan di download soal-soal dibawah ini untuk belajar di rumah. Selamat belajar.

Soal Latihan 1 Bagian Utama Tubuh Hewan Dan Tumbuhan_Paket_01

Soal Latihan 1 Bagian Utama Tubuh Hewan Dan Tumbuhan_Paket_02

Soal Latihan 1 Bagian Utama Tubuh Hewan Dan Tumbuhan_Paket_03

Soal Latihan 1 Bagian Utama Tubuh Hewan Dan Tumbuhan_Paket_04

 

Daftar Pustaka

Ilmu Pengetahuan Alam 2 : untuk SD dan MI kelas II/Heri Sulistyanto, Edi Wiyono; editor Robin Ginting,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk SD/MI Kelas 2/Sri Purwati, Pama Leyn, Dwi Klarasari, Ambar, Fitriasari ,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Mari  Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II/SD/MI/oleh Sjaeful Anwar, Cucu Suhendar. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/oleh S Rositawaty dan Aris Muharam. – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Iklan