A. Pertumbuhan Hewan

Anak-anakku, kalian tumbuh dari bayi menjadi besar seperti sekarang ini.  Salah satu ciri makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan. Hewan  dan tumbuhan juga mengalami pertumbuhan. Kucing adalah hewan yang melahirkan anaknya. Tubuh anak kucing mula-mula kecil. Tubuhnya semakin lama semakin besar. Rambutnya yang tipis bertambah tebal.

   

Anak kucing tumbuh menjadi kucing remaja. Kucing remaja tumbuh menjadi kucing dewasa. Kucing betina dapat beranak. Anak kucing menyusu pada induknya.

Ayam merupakan hewan yang berkembang biak dengan bertelur. Ayam betina dapat menghasilkan 1 telur setiap hari. Telur yang dapat dihasilkan berkisar 7 hingga 12 telur. Setelah masa bertelur, ayam akan mengerami telurnya. Ayam mengerami telurnya selama 21 hari. Telur ayam menetas menjadi anak ayam. Anak ayam masih memiliki ukuran tubuh yang kecil. Bulu-bulu di tubuhnya masih halus. Anak ayam belum memiliki ekor. Di bagian kepalanya belum tumbuh jengger. Gerakannya lambat suaranya kecil saat menciap. Anak ayam tersebut makan dan minum setiap hari.

     

Ukuran tubuhnya pun bertambah besar sampai menjadi dewasa. Gerakannya mulai lincah. Bagian ekor dan jenggernya turut tumbuh. Bulu-bulunya membesar dan agak kasar. Ayam jantan memiliki ekor yang lebih panjang daripada ekor betina.

Pertumbuhan juga terjadi pada kambing. Anak akmbing yang baru lahir tubuhnya kecil. Tubuh anak kambing masih lemah. Gerakannya masih lambat. Anak kambing menyusu pada induknya. Anak kambing mengalami pertumbuhan. Tubuh kambing bertambah besar dan tinggi, berat badannya bertambah. Kakinya semakin panjang dan besar. Gerakannyabertambah lincah dan cepat. Suaranya bertambah besar. Kambing jantan dewasa tumbuh tanduknya. Tanduk untuk membela diri.

 

Apakah kalian pernah melihat kanguru? Kanguru adalah hewan berkantung. Kantung kanguru digunakan untuk menyusui anakknya. Bayi kanguru berada di dalam kantung induknya. Bayi kanguru ukurannya kecil. Bayi kanguru mengalami pertumbuhan. Tubuhnya bertambah tinggi dan besar. Bayi kanguru tumbuh menjadi anak kanguru. Anak kanguru tumbuh menjadi kanguru dewasa.

 

B. Pertumbuhan Tumbuhan

Tidak hanya hewan, tumbuhan pun mengalami pertumbuhan. Baik itu pertumbuhan besar, tinggi, ataupun kelengkapan bagian tubuhnya. Ada tumbuhan yang berasal dari biji. Contohnya jambu, mangga, manggis dan rambutan. Sekarang kalian akan belajar pertumbuhan tanaman kacang merah. Tumbuhan kacang merah dapat tumbuh dari bijinya. Biji yang dapat tumbuh ialah biji yang tua. Tandanya, biji sudah mulai kering dan agak keras. Biji tersebut disimpan di tanah. Lama kelamaan akan tumbuh akar dan tunas. Akar dan tunas itu disebut kecambah. Akhirnya, batang kacang merah akan bertambah tinggi. Daunnya bertambah lebar dan bertambah jumlahnya. Akarnya bertambah panjang dan bijinya semakin kecil.

   

Tumbuhan kacang merah tumbuh bukan hanya karena ada air. Akan tetapi, karena ada makanan dari biji. Bagaimana jika bijinya sudah habis? Jika biji telah habis tanaman yang tumbuh sudah memiliki daun. Melalui daun, tanaman dapat membuat makanan sendiri. Oleh karena itu, masih tetap hidup, meskipun bijinya telah habis. Akar berfungsi untuk menyerap air dari tanah. Akar juga berfungsi untuk menyerap bahan-bahan dari tanah. Air dan bahan-bahan tersebut berguna untuk tumbuh.

Ada juga tumbuhan yang berasal dari batang. Contohnya pohon singkong. Batang singkong dapat ditanam. Dari batang akan tumbuh tunas. Tunas tumbuh menjadi batang dan daun. Semakin lama batang semakin tinggi. Semakin lama daun bertambah banyak. Akhirnya tumbuhan menjadi besar.

Pertumbuhan pada tanaman ditandai oleh batang bertambah tinggi dan besar, daun bertambah banyak dan lebar dan ranting bertambah banyak.

 

Latihan Soal

Anak-anakku, silahkan di download soal-soal dibawah ini untuk belajar di rumah. Selamat belajar.

Soal Latihan 2 Pertumbuhan Hewan Dan Tumbuhan_Paket_01

Soal Latihan 2 Pertumbuhan Hewan Dan Tumbuhan_Paket_02

Soal Latihan 2 Pertumbuhan Hewan Dan Tumbuhan_Paket_03

Soal Latihan 2 Pertumbuhan Hewan Dan Tumbuhan_Paket_04

 

Daftar Pustaka

Ilmu Pengetahuan Alam 2 : untuk SD dan MI kelas II/Heri Sulistyanto, Edi Wiyono; editor Robin Ginting,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk SD/MI Kelas 2/Sri Purwati, Pama Leyn, Dwi Klarasari, Ambar, Fitriasari ,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Mari  Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II/SD/MI/oleh Sjaeful Anwar, Cucu Suhendar. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/oleh S Rositawaty dan Aris Muharam. – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Iklan