Makhuk hidup yang ada di muka bumi ini membutuhkan tempat hidup. Setiap makhluk hidup mempunyai tempat hidup yang berbeda-beda. Ada yang hidup di darat dan ada yang hidup di air, bahkan ada yang hidup di darat dan di air. Tempat hidup makhluk hidup disebut habitat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tempat hidup makhluk hidup.

A. Tempat Hidup Hewan

Berdasarkan tempat hidupnya, hewan dapat dikelompokkan menjadi tiga. Hewan yang hidup di darat contohnya adalah kuda, semut, burung. Hewan yang hidup di air misalnya ikan, cumi-cumi, kepiting. Hewan yang hidup di darat dan air contohnya adalah katak.

1. Hewan yang Hidup di Air

Apakah kalian mempunyai akuarium? Hewan apakah yang ada di dalam akuarium? Hewan yang ada di akuarium ialah ikan. Di manakah ikan dapat hidup? Ikan adalah hewan yang dapat hidup di air. Jika ikan dipindahkan ke tanah, ikan tersebut akan mati. Ikan yang hidup di air sangat beragam jenisnya.  Ikan hiu dapat hidup di air asin. Jadi, tempat hidup hiu ialah di laut. Adapun ikan lele hidup di kolam atau di sungai. Lele dapat hidup juga di danau. Jadi, lele hidup di air tawar. Tahukah kalian tempat hidup ikan bandeng? Bandeng hidup di air payau. Air payau adalah air yang berada diantara pertemuan antara air laut dan air tawar.

   

Adakah hewan lain yang hidup di air selain ikan? Kepiting, udang, dan gurita dapat hidup di air.

   

2. Hewan yang Hidup di Darat

Selain di air, ada juga hewan yang hidupnya di darat. Contohnya, di atas tanah. Jenis hewan yang hidup di atas tanah beragam jenisnya. Contohnya sapi, domba, dan kuda.

   

Pernahkah kalian menggali tanah di pekarangan rumahmu? Hewan apa yang kalian temukan? Kalian akan melihat cacing di dalam tanah. Cacing tanah membuat tanah menjadi gembur. Jangkrik dan tikus juga termasuk hewan yang tinggal di dalam tanah.

   

Ada tempat lain yang menjadi tempat hidup hewan. Misalnya, di pohon. Pohon merupakan tempat hidup bagi burung dan kelelawar. Adapun kutu dapat hidup di tubuh makhluk hidup lain. Contohnya, kutu yang hidup di kepala manusia.

   

3. Hewan yang Hidup di Darat dan Air

Apakah kalian tahu bahwa ada hewan yang hidup di darat dan air? Katak adalah hewan yang hidup darat dan di air. Adakah hewan lain yang tempat hidupnya di darat dan air?

B. Tempat Hidup Tumbuhan

1. Tumbuhan yang Hidup di Air

Teratai adalah contoh tumbuhan yang hidupnya di air. Teratai hidup terapung di atas air. Daun yang lebar dan akarnya terendam dalam air. Selain teratai, tumbuhan yang hidup di air adalah eceng gondok.

 

2. Tumbuhan yang Hidup di Darat

Banyak sekali tumbuhan yang hidup di darat. Ada yang tumbuh di ladang. Ada yang tumbuh di sawah. Ada yang tumbuh di kebun. Ada juga yang tumbuh di hutan. Pohon buah-buahan seperti pisang hidup di darat. Kaktus adalah tumbuhan yang hidup di tanah yang kering. Kaktus hidup di tempat yang udaranya panas. Batang kaktus berwarna hijau dan berduri. Duri pada batang kaktus adalah daun. Berbeda dengan kaktus, padi adalah contoh tumbuhan yang hidup di sawah. Sawah adalah tempat yang basah.

     

3. Tumbuhan yang Hidup Menempel

Tumbuhan yang hidup di darat, tidak hanya di tanah. Ada juga tumbuhan yang hidup menempel di tempat lain. Contohnya, di batu dan di tumbuhan lain. Tanduk rusa, anggrek, benalu dan tali putri adalah tumbuhan yang hidupnya menempel di tumbuhan lain. Tanduk rusa dan anggrek menempel pada pohon besar. Daun tumbuhan tanduk rusa bentuknya seperti tanduk rusa. Anggrek mempunyai warna bunga yang bermacam-macam. Tanduk rusa dan anggrek termasuk tumbuhan yang tidak merugikan tumbuhan yang ditumpangi karena tanduk rusa dan anggrek membuat makanan mereka sendiri.

Tumbuhan lain yang menempel pada tumbuhan lain adalah benalu dan tali putri. Benalu sering kita lihat menempel di pohon mangga atau pohon jambu.  Talu putri tidak memiliki daun. Tali putri bentuknya seperti mi kuning. Tali putri menempel pada tanaman pagar. Benalu dan tali putri mengambil makanan dari pohon yang ditumpangi.

     

 

Latihan Soal

Anak-anakku, silahkan di download soal-soal dibawah ini untuk belajar di rumah. Selamat belajar.

Soal Latihan 3 Tempat Hidup Makhluk Hidup_Paket_02

Soal Latihan 3 Tempat Hidup Makhluk Hidup_Paket_03

Soal Latihan 3 Tempat Hidup Makhluk Hidup_Paket_04

Daftar Pustaka

Ilmu Pengetahuan Alam 2 : untuk SD dan MI kelas II/Heri Sulistyanto, Edi Wiyono; editor Robin Ginting,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk SD/MI Kelas 2/Sri Purwati, Pama Leyn, Dwi Klarasari, Ambar, Fitriasari ,— Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Mari  Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II/SD/MI/oleh Sjaeful Anwar, Cucu Suhendar. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2: untuk Kelas II Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/oleh S Rositawaty dan Aris Muharam. – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Iklan