Belajar Kerjasama, Sungguh Menyenangkan

Standar

Materi pelajaran IPS bab terakhir mempelajari tentang kerjasama. Apakah itu kerja sama? Kerja sama artinya bekerja bersama-sama. Manusia tidak dapat hidup sendirian. Manusia tidak dapat memenuhi semua kebutuhannya sendiri.

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Sebagai makhluk sosial, kita memiliki tetangga. Kita harus hidup rukun dengan tetangga. Kita perlu melakukan kerja sama. Kerja sama dapat dilakukan dalam bentuk kerja bakti. Dengan bekerja sama, semua pekerjaan berat menjadi ringan. Pekerjaan juga menjadi cepat selesai.

Manusia adalah makhluk sosial. Artinya, manusia suka bergaul. Kita membutuhkan orang lain. Kita tidak dapat hidup sendiri. Kita membutuhkan teman. Di sekolah, anak-anak memiliki teman. Di rumah, kita memiliki saudara. Di lingkungan rumah, kita memiliki tetangga. Setiap tetangga memiliki perbedaan.

Berasal dari suku yang berbeda. Adatnya berbeda. Agamanya juga berbeda. Walaupun berbeda, tetapi tetap bersatu. Kita harus hidup rukun dengan tetangga. Hidup rukun membuat keadaan nyaman. Dengan tetangga harus saling menghormati. Dengan tetangga juga harus saling menghargai. Bagaimana mengajarkan kerja sama? Hmmm….

_Mengajarkan Kerjasama_01 _Mengajarkan Kerjasama_02

_Mengajarkan Kerjasama_03 _Mengajarkan Kerjasama_04

Satu tanggapan »

Tinggalkan komentar