Kerjasama dalam Keragaman

Indonesia memiliki keberagaman suku bangsa, bahasa, rumah adat, tarian, pakaian tradisional, senjata, dan keragaman alat musik tradisional. Perbedaan bukanlah menjadi penghalang untuk melakukan sebuah kerjasama. Kerjasama adalah pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama. Manfaat kerjasama:

1. Memupuk persatuan dan kesatuan

2. Menciptakan kerukunan

3. Pekerjaaan yang berat menjadi ringan

4. Mempercepat pekerjaan

Indonesia memiliki beragam suku bangsa. Diantara kita harus saling menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Berikut adalah sikap menjaga persatuan:

1. Menghormati teman yang beribadah

2. Tidak membeda-bedakan teman yang berbeda suku

3. Menghormati teman yang sedang menyampaikan pendapat

4. Minta maaf jika melakukan kesalahan

5. Menghormati keragaman budaya lain

Sebagai siswa MI Muhammadiyah Karanganyar, kita harus saling bekerjasama. Berikut adalah bentuk kerjasama di kelas.

Piket kelas atau membersihkan lingkungan sekolah

Mengumpulkan sumbangan

Mengerjakan tugas kelompok

Dalam bekerjasama kita perlu memecahkan masalah bersama-sama. Untuk menyelesaikan masalah bersama kita perlu bermusyawarah atau diskusi. Besrikut adalah manfaat kerjasama dalam diskusi:

1. Permasalahan mudah dipecahkan

2. Menghasilkan kesimpulan yang adil

3. Menambah pengetahuan

Dalam bergaul dengan teman di sekolah maupun di lingkungan rumah, kita juga perlu berinteraksi dengan sesama teman. Di lingkungan sekitar rumah kita banyak kita temukan keragaman permainan tradisional di Indonesia. Permainan tradisional tersebut diantaranya adalah:

(sumber foto dari idntimes.com)

(sumber foto dari idntimes.com)

(sumber foto dari sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id)

Adapun manfaat dari berbagai macam permainan tradisional yang ada tersebut diantaranya adalah dapat memupuk persahabatan, menyehatkan badan, terhindar dari pengaruh permainan modern seperti game online dan sarana bersosialisasi dengan teman serta masyarakat di sekitar rumah tinggal kita.

Anak-anakku, di masa pandemi seperti sekarang ini, meskipun bermain bersama teman ini sangat menyenangkan, Mr.Supri minta kalian agar tetap menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan setelah bermain bersama teman. Semoga kita semuanya selalu sehat. Aamiin.

 

Daftar Pustaka:

Irene MJA. 2016. BUPENA 4A untuk SD/MI Kelas 4. Penerbit Erlangga, Jakarta.