Anak-anakku kelas 4 MI Muhammadiyah Karanganyar, untuk menumbuhkan sikap peduli terhadap makhluk hidup di sekitar, kita perlu mengenal bagian-bagian tubuh tumbuhan dan bagian-bagian tubuh hewan.

Part of Plant Body

Bagian-bagian tumbuhan yaitu akar, batang, daun, bunga, buah dan biji

1. Akar.

Akar adalah bagian tumbuhan yang ada di dalam tanah. Akar berfungsi menyerap air, menguatkan berdirinya tumbuhan dan menyimpan cadangan makanan.

Secara umum jenis akar ada dua yaitu akar tunggang dan akar serabut. Akar serabut dimiliki oleh tumbuhan dengan biji berkeping satu atau monokotil. Akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan dengan biji berkeping dua atau dikotil.

(sumber foto dari tanahkaya.com)

(sumberr foto dari twiter.com)

Ada beberapa bentuk akar lain pada tumbuhan tertentu misalnya pohon beringin memiliki akar yang bergantung di udara. Akar ini disebut akar gantung. Ada juga akar nafas pada pohon bakau jenis api-api dan akar tunjang pada pohon pandan.

(sumber foto dari toriqa.com)

(sumber foto dari mangrovemagz.com)

(sumber foto dari bulelengkab.go.id)

 

2. Batang

Batang berfungsi untuk menyalurkan air dan zat hara serta zat makanan, tempat tumbuhnya daun, bunga dan buah dan menyimpan cadangan makanan. Ada jenis batang berkayu dan ada jenis batang basah.

(sumber foto dari lintangsore.com)

(sumber foto dari jogja.suara.com)

Ada jenis batang beruas dan ada jenis batang berongga.

(sumber foto dari lpp.co.id)

(sumber foto dari uniquelatestarticle.blogspot.com)

3. Daun

Daun adalah tempat terjadinya fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan. Proses fotosintesis menghasilkan gas oksigen. Berdasarkan bentuk tulang daun, daun dapat dibedakan menjadi empat yaitu daun melengkung, menjari, menyirip dan sejajar atau lurus.

(sumber foto dari lifestyle.okezone.com)

(sumber foto dari jovee.id)

(sumber foto dari jawapos.com)

(sumber foto dari pixabay.com)

4. Bunga

Bunga adalah alat perkembangbiakan tumbuhan. Alat kelamin jantan pada bunga yaitu benang sari. Sedangkan alat kelamin betina adalah putik.

(sumber foto dari ebiologi.net)

5. Buah dan Biji

Biji dilindungi oleh daging buah.

(sumber foto dari sehatq.com)

 

Part of Animal Body

Fish

(sumber foto dari visitflorida.com)

Cat

(sumber foto dari pertanianku.com)

3rd Theme (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)

Science 3.8

Interaksi antara manusia dengan lingkungan yang tidak seimbang akan menimbulkan berbagai masalah. Kegiatan membakar hutan mengakibatkan hewan-hewan kehilangan habitat. Habitat artinya tempat hidup hewan.

(sumber foto dari matamatapolitik.com)

Alat menangkap ikan yang dapat merusak ekosistem laut adalah bom ikan dan jaring pukat harimau. Penggunaan bom dalam menangkap ikan dapat merusak terumbu karang dan populasi hewan tertentu misalnya ikan.

(sumber foto dari news.trubus.id)

Daftar Pustaka:

Irene MJA. 2016. BUPENA 4A untuk SD/MI Kelas 4. Penerbit Erlangga, Jakarta.