A. Menceritakan Peran Anggota Keluarga

Setiap anggota keluarga memiliki peran dan kedudukan. Setiap anggota keluarga harus saling menyayangi. Mereka juga harus saling membantu. Jika saling menyayangi dan saling membantu keluarga akan menjadi rukun.

Pak Supri adalah suami Bu Iffah. Pak Supri adalah ayah Zuha dan Ahmad. Kedudukan Pak Supri sebagai suami Bu Iffah. Pak Supri bertanggung jawab terhadap seluruh anggota keluarga. Pak Supri bekerja sebagai guru di MI Muhammadiyah Karanganyar. Pak Supri mendapatkan penghasilan. Penghasilan Pak Supri untuk kebutuhan keluarga. Misalnya, digunakan untuk membeli rumah.

Digunakan membeli pakaian dan makanan. Digunakan juga untuk sekolah anaknya.

Bu Iffah adalah istri Pak Supri. Bu Iffah sebagai kepala rumah tangga. Bu Iffah mengurus keperluan rumah tangga. Bu Iffah dan Pak Supri saling membantu. Pak Supri membantu pekerjaan istrinya.

Bu Iffah sebagai guru taman kanak-kanak. Bu Iffah mengajar di sekolah dekat rumahnya. Bu Iffah menyiapkan makanan untuk keluarga. Ia juga membereskan tugas di rumah. Ia harus mengurus rumah tangga. Ia juga harus bekerja.

Ayah, Zuha, dan Ahmad selalu membantu Ibu. Zuha membantu ibu menyapu lantai rumah. Ahmad membantu menyapu halaman. Ayah membantu ibu mencuci piring. Jika pekerjaan dikerjakan bersama, pekerjaan menjadi lebih ringan. Pekerjaan juga cepat selesai.

Orangtua berkewajiban mendidik anaknya. Orangtua harus membimbing anak. Orangtua harus memberikan pendidikan yang baik. Anak baik akan berbakti kepada orangtuanya. Zuha sekolah di MI Muhammadiyah Karanganyar. Zuha duduk di kelas dua.

Ahmad sekolah di TK Aisyiyah. Bu Iffah mengajar di sana. Zuha dan Adi memiliki kewajiban di rumah.

Zuha dan Adi juga memiliki kewajiban di sekolah.

B. Menceritakan Perubahan Peran dalam Keluarga

Pada suatu hari Ibu Iffah pergi ke Surabaya. Ibu mengikuti pelatihan guru. Ibu Iffah terpilih mewakili sekolahnya. Ibu pergi ke Surabaya selama tiga hari. Zuha dan Ahmad sedih sekali. Mereka akan jauh dari ibu. Ayah menghibur Zuha dan Ahmad. Esok paginya, ayah bangun pagi sekali. Ayah memasak nasi goreng untuk sarapan pagi. Mereka sarapan pagi bersama. Ayah mencuci piring di dapur. Wah, ayah terlihat sibuk sekali.

Zuha dan Ahmad membantu Ayah. Ibu Iffah tidak ada di rumah. Ayah berperan mengurus rumah tangga. Peran ayah menjadi berubah. Peran dalam keluarga dapat berubah, sesuai dengan keadaan yang terjadi.

Santi adalah teman sekelas Zuha. Santi sudah tidak memiliki ayah lagi. Ayah Santi telah meninggal.

Ayahnya meninggal ketika Santi kelas satu. Santi disebut anak yatim. Ia sudah tidak memiliki ayah lagi. Ibunya Santi berperan sebagai kepala keluarga. Ibunya Santi bekerja mencari nafkah. Ibu juga mengurus pekerjaan rumah tangga. Santi dan kakaknya membantu ibunya. Jadi, ibunya tidak terlalu lelah bekerja. Perubahan peran juga terjadi di masyarakat.

Banyak perempuan melakukan pekerjaan laki-laki. Misalnya, dokter perempuan atau pilot perempuan. Ada juga polisi perempuan. Perempuan dapat memiliki jabatan penting. Apakah kamu ingin seperti mereka?

C. Melaksanakan Peran dalam Keluarga

Zuha sangat sayang kepada ibu. Zuha sedih jika ibu sakit. Zuha selalu membantu ibunya. Agar ibu tidak terlalu lelah. Hari Minggu adalah hari keluarga. Pada hari Minggu ayah dan ibu tidak bekerja.

Setiap hari Minggu, Zuha dan keluarganya kerja bakti. Zuha, Ahmad, ayah, dan ibu terlihat sibuk. Mereka memiliki tugas yang berbeda. Semua bekerja untuk membersihkan rumah.  Zuha membantu membersihkan kaca jendela. Ibu merapikan tanaman. Ayah menyapu dan mencabuti rumput. Ahmad membantu Zuha membersihkan kaca. Zuha dan Ahmad senang membantu orangtuanya. Mereka bekerja bakti membersihkan rumah. Mereka menyapu dan mengepel. Tugas membersihkan rumah telah selesai. Ibu mengajak Zuha ke dapur. Hari ini ibu memasak masakan istimewa. Zuha dan Ahmad telah lelah bekerja bakti. Zuha membantu ibu memasak di dapur. Ibu dan Zuha sibuk di dapur. Zuha mengamati ibunya memasak di dapur. Wah, masakan ibu harum sekali. Pasti masakan ibu enak. Masakan telah matang. Semua telah berkumpul di meja makan. Semua tidak sabar menikmati masakan. Emmm … masakan ibu dan Zuha lezat sekali. Ayah mengucapkan terima kasih. Karena Ibu dan Zuha telah memasak  makanan istimewa hari itu.

 

Soal Latihan

Soal Latihan Bab 5 Melaksanakan Peran dalam Keluarga_Paket_01

Soal Latihan Bab 5 Melaksanakan Peran dalam Keluarga_Paket_02

Soal Latihan Bab 5 Melaksanakan Peran dalam Keluarga_Paket_03

 

Daftar Pustaka

Ilmu Pengetahuan Sosial 2 untuk SD dan MI Kelas II/Tri Jaya Suranto, A. Dakir, Editor Vivi Vibariani — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Dasar/MI Kelas 2/oleh Kuswanto dan Y.Suharjanto; Editor: Ayang Susatya. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Mengenal Lingkungan Sekitar untuk SD/MI Kelas II/oleh Nurhadi dan Hartitik Fitria Rahmawati; Tim Editor Citra Praya (ed).  — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

 

Satu tanggapan »

Tinggalkan komentar