Anak-anakku, setelah mempelajari bab ini kalian diharapkan akan dapat melaksanakan sikap jujur disiplin dan senang bekerja keras.

A Kejujuran

Kejujuran adalah sikap yang mencerminkan satu kata dan perbuatan. Artinya ucapannya sama dengan perbuatannya. Orang yang jujur selalu berkata benar. Tidak berbohong dan apa adanya. Orang jujur dapat dipercaya. Orang jujur disukai banyak orang. Lawan kata jujur adalah bohong atau dusta. Sekali kita berbohong atau berdusta maka selanjutnya orang tidak akan lagi percaya dengan kita. Maka berhati-hatilah dalam berkata. Utamakan kejujuran meskipun itu dirasa sulit untuk disampaikan. Nabi Muhammad SAW adalah contoh teladan yang baik dalam hal kejujuran. Sebelum beliau menjadi nabi, beliau sangat terkenal kejujurannya sehingga beliau mendapat gelar Al-Amin.

 

1 Berani Berkata Jujur

Gb.1 Berani berkata jujurBerani berkata jujur adalah perbuatan yang mulia. Suatu saat ketika anak-anak kelas 2A bermain sepakbola di halaman bawah, Afnan mendapat giliran menendang bola. Karena saking semangatnya dia menendang bola sangat keras. Bola yang ditendang tadi melesat keras dan memecahkan kaca jendela kelas 3. Pyar, kaca jendela pecah berantakan. Seluruh anak yang bermain sepakbola di halaman berhamburan lari ketakutan. Sebagai anak yang bertanggungjawab, Afnan menghadap guru kelas 3 dan mengatakan secara jujur bahwa yang memecahkan kaca tadi adalah dia. Afnan adalah contoh anak yang berani bertanggung jawab berkata dengan jujur. Karena kejujurannya itu guru kelas 3 sangat senang dan tentunya tidak marah kepada Afnan.

 

2 Jujur dalam Bermain

Gb.2 Jujur dalam bermainPada waktu istirahat, anak anak kelas 2A bermain di halaman. Kali ini Vanda dengan teman temannya bermain gobak sodor. Anak anak dibagi dalam dua kelompok. Satu regu sebagai penjaga. Satu regu lainnya sebagai pemain. Regu pemain mendapat nilai. Apabila dapat masuk melewati beberapa penjaga dan keluar dengan selama. Dalam permainan ini tidak ada wasit, jadi anak anak harus bermain jujur. Anak anak yang dapat keluar selamat, menghitung sendiri nilainya. Satu demi satu nilai terkumpul. Sudah beberapa kali terjadi pergantian bermain dan berjaga. Terdengar bel tanda masuk berbunyi. Masing masing regu menghitung nilai yang diperoleh. Anak anak berkata jujur, tidak ada yang curang. Semua senang. Kalah atau menang itu biasa. Anak anak masuk kelas dengan tertib.

 

3 Jujur Dalam Belajar

Gb.3 Jujur dalam belajarPelajaran jam ketiga adalah pelajaran matematika. Pak Supri memeriksa PR anak anak. Vemas diam saja. Dia takut karena tidak mengerjakan PR. Tiba giliran Vemas, Pak Supri menegur. Mengapa kamu tidak mengerjakan PR? Saya tidak tahu caranya Pak? Perkalian ini sulit sekali, jawab Vemas. Mengapa kamu tidak bertanya kepada Andri? Vemas diam. Pak Supri selalu berpesan, jangan malu malu bertanya kalau tidak bisa. Kita dapat bertanya kepada siapa saja.

Vemas menyadari kalau bersalah. Sejak saat itu dia berani bertanya kalau tidak mengerti atau belum paham. Pepatah mengatakan, malu bertanya sesat di jalan.

 

B Kedisiplinan

Disiplin adalah sikap selalu menaati peraturan. Disiplin dimulai dari diri sendiri. Disiplin diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang teratur. Disiplin kita lakukan di rumah di sekolah dan di masyarakat.

1 Disiplin di Rumah

 Gb.4 Disiplin di rumah_02 Gb.4 Disiplin di rumah_01

Anak-anakku, mari belajar disiplin di rumah. Kegiatan sehari hari harus dilakukan dengan teratur. Untuk itu perlu adanya jadwal kegiatan. Jadwal kegiatan berguna untuk mengatur waktu sejak bangun tidur sampai mau tidur lagi. Anak yang baik melakukan kegiatan sehari hari sesuai dengan jadwal yang dibuat. Waktu diatur sesuai kebutuhan. Waktu belajar digunakan sebaik baiknya untuk belajar. Waktu bermain digunakan untuk bermain. Pengaturan waktu yang baik sangat menguntungkan diri sendiri. Anak yang disiplin adalah anak yang dapat mengatur waktu kegiatan sehari hari dan dilakukan sesuai jadwal kegiatan, sehingga tidak banyak waktu terbuang.

Berikut ini contoh sikap disiplin di rumah: (1) Tidur dan bangun tepat waktu, (2) Merapikan tempat tidur dan kamar, (3) Makan dengan teratur, (4) Belajar dan mengerjakan PR, (5) Merapikan mainan setelah bermain, (6) Menjaga kebersihan rumah.

2 Disiplin di Jalan Raya

Gb.5 Disiplin di jalan rayaDi pagi haru saat kalian bersiap untuk berangkat sekolah tentunya tidak lupa berpamitan kepada orang tua. Orang tua sering berpesan hati hati di jalan. Pergi ke sekolah bisa berjalan kaki maupun naik sepeda. Apabila kalian ke sekolah mengendarai sepeda, kalian harus berada di lajur kiri. Di sepanjang perjalanan perhatikan rambu rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas berguna untuk mengatur pengguna jalan. Di jalan raya harus hati hati, tidak boleh ngebut. Juga tidak boleh melanggar aturan jalan raya. Pak polisi sibuk mengatur lalu lintas di tempat tempat tertentu yang ramai. Apabila para pemakai jalan menaati peraturan, tidak akan ada kecelakaan di jalan dan semua aman semua lancar.

Berikut ini contoh sikap disiplin di jalan raya: (1) Menyeberang jalan di tempat penyeberangan, (2) Tidak menerobos lampu merah, (3) Berjalan di sebelah kiri.

 

3 Disiplin di Sekolah

 Gb.6 Disiplin di sekolah_02 Gb.6 Disiplin di sekolah_01

Setiap hari senin di MIM Karanganyar diadakan upacara bendera. Upacara diadakan untuk melatih kedisiplinan (disiplin berpakaian, disiplin masuk sekolah dan juga disiplin belajar). Untuk mencapai cita cita harus disiplin. Disiplin artinya kalian harus menaati peraturan yang ada, di mana pun tempatnya. Setiap ada aturan atau tata tertib harus ditaati. Jika semua orang menaati aturan, maka hidup ini akan teratur dan tenteram.

Di sekolah juga ada tata tertib. Tata tertib di sekolah harus ditaati semua warga sekolah, apabila melanggar tata tertib akan mendapat hukuman.

Berikut ini contoh sikap disiplin di sekolah: (1) tidak terlambat masuk ke sekolah, (2) melaksanakan jadwal piket, (3) membuang sampah pada tempat sampah, (4) tidak membuat gaduh di kelas, (5) duduk dengan rapi.

 

4 Disiplin di Masyarakat

Gb.7 Disiplin di masyarakatDi masyarakat biasanya tidak ada aturan tertulis. Aturan masyarakat berbentuk norma sopan santun. Baik dan buruk menurut kebiasaan masyarakat. Contoh aturan di masyarakat: (a) jangan membunyikan radio atau tv keras keras pada malam hari, (b) jangan bermain di jalan umum, (c) jangan bermain layang layang di jalan. Aturan-aturan tersebut tidak tertulis namun apabila melanggar kita sendiri yang rugi.

Berikut ini contoh sikap disiplin di masyarakat: (1) Menjaga kebersihan lingkungan, (2) Menjaga keamanan lingkungan, (3) Tidak mengganggu tetangga.

 

C Senang Bekerja

Gb.8 Senang Bekerja Gb.8 Senang Bekerja (1)

Gb.8 Senang Bekerja (2) Gb.8 Senang Bekerja (3)

Rajin bekerja sebaiknya dimulai sejak kecil. Di rumah kita mendapat pelatihan dari orang tua. Bapak ibu senang dengan anak yang rajin. Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan. Masih ingatkah kalian lagu “Bangun Tidur”? Lagu tersebut memberi pelajaran kita harus rajin bekerja sejak kecil. Membantu pekerjaan ibu diawali dari yang ringan contohnya menyapu lantai membersihkan meja atau mencuci piring. Pekerjaan itu kelihatan ringan. Jika tidak sungguh sungguh terasa berat. Kita harus melakukannya setiap hari. Kalau kita lakukan dengan senang hati, kita meringankan pekerjaan orang tua. Selamat membantu orang tua….

Anak-anaku, kalian semua tentu mempunyai cita-cita. Agar cita-cita kalian tercapai, kalian harus bekerja keras. Dengan bekerja keras, kita belajar bersikap mandiri. Sikap mandiri berarti tidak bergantung kepada orang lain. Dengan bekerja keras, cita-cita kita akan tercapai. Cita-cita tidak akan tercapai bila kita malas. Bekerja keras tidak selalu berarti mencari uang. Banyak kegiatan yang dapat kita sebut bekerja keras. Mengerjakan PR dengan sungguh-sungguh termasuk kerja keras. Mengerjakan ulangan dengan jujur termasuk kerja keras. Membantu ayah membersihkan rumah termasuk kerja keras. Membantu ibu di dapur termasuk kerja keras.

 

Manfaat Jujur, Disiplin dan Senang Bekerja

Jujur, disiplin dan senang bekerja termasuk perilaku mulia. kita harus membiasakannya setiap hari. Jujur, disiplin dan senang bekerja banyak manfaatnya.

Manfaat jujur diantaranya adalah (1) membuat hati senang, (2) dipercaya orang, (3) disenangi keluarga dan orang lain, (4) punya banyak teman.

Sedangkan manfaat disiplin adalah (1) hidup teratur, (2) dapat mengatur waktu, (3) pekerjaan selesai tepat waktu.

Senang bekerja bermanfaat untuk (1) melatih hidup mandiri, (2) dapat membantu orang lain, (3) menyelesaikan pekerjaan sendiri, (4) dapat meraih cita-cita.

Setelah mengetahui manfaatnya, kalian pasti akan melakukannya.

Latihan Soal

Anak-anakku, silahkan di download soal-soal dibawah ini untuk belajar di rumah. Selamat belajar.

Soal Latihan 4 Kejujuran Kedisiplinan dan Senang Bekerja_Paket_01

Soal Latihan 4 Kejujuran Kedisiplinan dan Senang Bekerja_Paket_02

Soal Latihan 4 Kejujuran Kedisiplinan dan Senang Bekerja_Paket_03

Soal Latihan Ulangan Semester Genap_Paket_02

Soal Latihan Ulangan Semester Genap_Paket_03

 

Daftar Pustaka

Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SD/MI Kelas II/Lili Nurlaili. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SD/MI Kelas II/Sajari, Suharto . — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SD/MI Kelas II/Setiati Widihastuti, Fajar Rahayuningsih. —Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

 

 

Satu tanggapan »

Tinggalkan komentar