Pengaruh Gaya terhadap Gerak Benda

Anak-anakku, di Tema 8 ini kita kembali membahas tentang gaya. Gaya dapat berupa tarikan maupun dorongan. Gaya dapat mempengaruhi benda yang bergerak. Benda bergerak dapat menjadi bergerak dipercepat, diperlambat maupun diam.

 

 

 

 

Gaya berupa dorongan:

1. mengayuh sepeda

2. menekan tombol remot televisi

3. membuat mainan dari plastisin

4. melempar bola basket

5. mengetuk pintu

6. mendorong mobil

7. menendang bola

8. memotong kue

Gaya berupa tarikan:

1. menggulung benang

2. mengerek bendera

3. mengangkat meja

4. melontarkan anak panah

5. mengangkat kursi

6. mengangkat ember

7. membuka halaman buku

Pengaruh Gaya terhadap Gerak Benda

Saat ayunan cangkul akan berhenti ketika menyentuh tanah, hal ini menunjukkan bahwa gaya gesek antara cangkul dan tanah lebih besar dari gaya otot yang diberikan untuk mengayunkan cangkul ke tanah. Dalam hal ini gaya (gesek cangkul dengan tanah) menyebabkan benda bergerak menjadi diam.

Hewan pembajak sawah yang berbelok arah saat diarahkan oleh petani menyebabkan bajak sawah berubah arah sesuai kemauan petani. Hal ini menunjukkan gaya tarik dari hewan pembajak dapat merubah arah gerak benda.

Pengaruh Gaya Pegas terhadap Gerak Benda

Pemain basket memanfaatkan gaya pegas dari bola basket yang lentur dapat memantul saat dijatuhkan. Hal ini membuktikan bahwa gaya pegas juga mempengaruhi gerak benda.

Perbedaan Gaya dan Gerak

Gaya memiliki hubungan terhadap gerak benda. Gaya dapat membuat benda diam menjadi bergerak. Gaya dapat membuat benda bergerak menjadi kamat atau berhenti. Gaya dapat mengubah arah gerak benda.

Kerikil dapat dilontarkan dengan ketapel saat ketapel ditarik dengan kuat. Hal ini memanfaatkan gaya pegas dari karet di ketapel. Gerabah dapat terbentuk saat ditekan-tekan dan dibentuk. Hal ini memanfaatkan gaya otot dalam membentuk gerabah.

 

Anak-anakku, untuk melengkapi pengetahuan kalian simak video di bawah ini ya. Jangan lupa like dan subscribe ya.

 

Daftar Pustaka

Irene M.J.A. 2016. Buku Penilaian BUPENA Jilid 4C. Penerbit Erlangga, Jakarta.