Dear Anak-anakku, Mr.Supri minta kalian selalu semangat dalam mempelajari materi ajar ini. Silakan dipelajari dengan penuh keikhlasan. Nanti ketika zoom meeting, kita akan berdiskusi lebih mendalam untuk membahas materi pelajaran ini.

Indonesia memiliki keberagaman suku bangsa, bahasa, rumah adat, tarian, pakaian tradisional, senjata, dan keragaman alat musik tradisional. Suku bangsa adalah sekelompok masyarakat yang tinggal di suatu tempat dan memiliki ciri budaya yang sama. Contoh suku bangsa di Indonesia yaitu suku Nias (Sumatera Utara), suku Bugis (Sulawesi) dan suku Asmat (Papua).

Suku Nias (Sumatera Utara)

(sumber foto dari travel.kompas.com)

Suku Bugis (Sulawesi)

(sumber foto dari sulsel.idntimes.com)

Suku Asmat (Papua)

(sumber foto dari otakatik.com)

Sedangkan keragaman bahasa daerah yang ada di Indonesia diantaranya adalah bahasa Batak (Sumatera Utara), bahasa Sunda (Jawa Barat), bahasa Betawi (Jakarta). Berbagai tarian adat juga merupakan keragaman budaya bangsa. Contoh tarian adat adalah tari Kecak dari Bali, tari Zapin Tembung dari Kalimantan Barat, tari Maengket dari Sulawesi Utara. Berikut adalah ketiga tarian adat tersebut (Anak-anakku boleh tidak menonton sampai selesai)

Tari Kecak dari Bali.

Video dari https://www.youtube.com/watch?v=zj5Aucgvluo

Tari Zapin Tembung dari Kalimantan Barat.

Sumber video dari https://www.youtube.com/watch?v=VL-slwS4bY4

Tari Maengket dari Sulawesi Utara

Sumber video dari https://www.youtube.com/watch?v=Tfzf9rX1OfQ

Pakaian adat merupakan pakaian khas tradisional yang biasa dipakai pada saat upacara adat. Contoh pakaian adat diantaranya adalah Pakaian Bundo Kanduang dari Sumatera Barat, pakaian beskap dari Jawa Tengah dan pakaian Payas dari Bali.

Pakaian Bundo Kanduang dari Sumatera Barat

(sumber dari bundo-kanduang-posmetropadang.co.id)

Pakaian beskap dari Jawa Tengah

Pakaian Payas dari Bali

(sumber foto dari hipwee.com)

Selain itu ada juga keanekaragaman senjata tradisional misalnya Senjata Rencong dari Aceh, Senjata Kujang dari Jawa Barat dan Keris dari Jawa Tengah. Di masing-masing daerah juga memiliki ciri khas masing-masing. Misalnya di suku Jawa dikenal dengan upacara adat Sekaten dan di suku Betawi memiliki pertunjukan khas Ondel-ondel.

(sumber foto dari sekaten-ibtimes.id)

(sumber dari ondel-ondel-bobo.grid.id)

Ketika kita mengunjungi suatu daerah di Indonesia, tidak asyik rasanya kalau tidak mencicipi makanan khas daerah yang kita kunjungi tersebut. Ada berbagai makanan khas daerah-daerah di Indonesia. Makanan khas tersebut diantaranya adalah Nasi Timbel (Jawa Barat), Nasi Jinggo (Bali), Papeda (Papua), dan Bubur Manado (Sulawesi Utara).

Nasi Timbel (Jawa Barat) dan Nasi Jinggo (Bali)

(sumber dari nasi-timbel-en.wikipedia.org)

(sumber foto dari nasi-jinggo-id.m.wikipedia.org)

Papeda (Papua) dan Bubur Manado (Sulawesi Utara)

(sumber foto dari papeda-id.wikipedia.org)

(sumber foto dari bubur-manado-bumburesto.com)

Indonesia adalah negara yang besar. Indonesia memiliki keanekaragaman suku, adat, ras dan agama. Agama yang diakui di Indonesia adalah Islam, Hindu, Kristen, Katolik, Budha dan Konghuchu.

Islam memiliki kitab suci Al-Quran. Beribadah di masjid dan merayakan hari raya Idul Fitri, Idul Adha, Israj Mikraj dan Maulid Nabi Muhammad. Kitab suci agama Kristen dan Katolik adalah Al kitab, beribadah di gereja dan merayakan hari raya natal dan paskah.

KItab suci agama Hindu adalah Weda, sedangkan kitab suci agama Budha adalah Tripitaka dan kitab suci Konghuchu adalah Sisu Wuching. Tetangga kita yang beragama Hindu beribadah di pura, teman kita yang beragama Budha beribadah di Wihara dan yang beragama Konghuchu di Kelenteng.

Hari umat Hindu adalah Nyepi, Saraswati dan Galungan. Hari raya umat Budha adalah Waisak, sedangkan hari raya umat Konghuchu adalah Imlek dan Cap go meh.

 

Daftar Pustaka:

Irene MJA. 2016. BUPENA 4A untuk SD/MI Kelas 4. Penerbit Erlangga, Jakarta.