Bismillahirohmaanirrohiim.

Anak-anakku, selamat datang di Tema 4. Dalam tema ini kita akan membahas tentang Berbagai Pekerjaan. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia perlu bekerja. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, apapun pekerjaan kita (atau apapun pekerjaan orang tua kita), kita harus mengetahui dasar negara kita.

Dasar negara kita adalah Pancasila. Dan Burung Garuda merupakan lambang dari negara kita. Di dalam burung garuda terdapat lima lambang yang memiliki arti dalam sila-sila Pancasila. Berikut adalah arti lambang-lambang sila-sila dalam Pancasila.

1. Bintang

sumber gambar/foto dari kotakpintar.com

Bintang merupakan lambang dari sila pertama. Bintang emas dengan perisai hitam ini melambangkan sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa (halaman 9). Bintang emas ini diartikan sebagai cahaya kerohanian bagi setiap manusia. Sedangkan latar belakang berwarna hitam melambangkan warna alam atau warna asli yang menunjukkan bahwa Tuhan sebagai sumber dari segala sesuatu dan sudah ada sebelum segala sesuatu di dunia ini ada.

Kita bisa menerapkan sila pertama dengan cara melakukan beberapa hal, contohnya:

1) Percaya kepada Tuhan YME sesuai ajaran agama yang dianut.

2) Beribadah sesuai keyakinan

3) Menghargai orang lain yang agamanya berbeda dengan kita.

4) Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah

5) Tolong menolong, meski memiliki agama yang berbeda.

Sebagaimana kita tahu, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia perlu bekerja. Sebagai warga negara yang baik, apapun pekerjaan kita (atau apapun pekerjaan orang tua kita), kita harus menjunjung tinggi kejujuran. Jujur merupakan salah satu pengamalan Pancasila sila pertama. Jujur artinya tidak bohong. Jujur artinya berkata terus terang. Apabila kita jujur, orang lain akan percaya kepada kita. Sekali kita tidak jujur, selamanya orang lain akan meragukan kejujuran kita. so, yuuuk selalu jujur.

2. Rantai

sumber gambar/foto dari kotakpintar.com

Rantai merupakan lambang dari sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Gambar rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling terkait dan saling membantu (halaman 29)

Rantai yang terdapat pada sila kedua ini terdiri atas mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling terkait membentuk lingkaran. Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki dan lingkaran melambangkan perempuan. Nah, maka dari itu kita sesama manusia harus saling membantu satu sama lain.

Sila ini mengajak masyarakat untuk memberlakukan setiap orang sebagai sesama manusia yang memiliki martabat dan adab. Karena iu, diperlukan sikap:

1) Saling mencintai,

2) Tenggang rasa,

3) Saling menghormati.

3. Pohon Beringin  

sumber gambar/foto dari kotakpintar.com

Pohon beringin ini melambangkan sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia (halaman 51). Pohon beringin ini merupakan pohon yang rindang. Bermakna rakyat Indonesia dapat berlindung di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan pemersatu bangsa.

Pohon beringin juga memiliki akar yang menjalar di mana-mana yang melambangkan sebagai negara kesatuan yang memiliki latar belakang yang bermacam-macam. Akar yang banyak ini menggambarkan keberagaman suku, agama, ras, etnis dan budaya rakyat Indonesia

Sila ketiga ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan hal ini:

1) di lingkungan keluarga: saling menghormati, tidak memaksanakan kehendak dan mendengarkan nasihat orang tua

2) di lingkungan sekolah: berteman dengan siapa saja, menghormati guru dan menghargai teman

3) di lingkungan masyarakat: peduli, ikut menjaga keamanan dan juga kerja bakti

Selain itu secara umum kita harus mencintai negara Indonesia dengan cara menjaga warisan budaya yang ada dan menjaga hubungan baik dengan teman-teman satu negara, meski beda suku, agama, dan bahasa.

Sumber video dari https://www.youtube.com/watch?v=qD339HjXGBk

Anak-anakku, untuk Sila 4 dan 5 bersambung di Tema 5 ya. Semangat!!!

 

Daftar Pustaka:

Irene MJA. 2016. BUPENA 4B untuk SD/MI Kelas 4. Penerbit Erlangga, Jakarta.