Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Segala sesuatu yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Sumber energi terbesar bagi bumi adalah matahari.

Energi panas matahari berguna untuk menguapkan air di permukaan bumi, menghangatkan bumi dan mengeringkan pakaian serta bahan makanan.

(sumber foto dari suara.com)

(sumber foto dari ngobrolin.id)

(sumber foto dari forclime-photocontest-com)

(sumber foto dari beritadaerah-com)

Energi cahaya matahari bermanfaat untuk menerangi bumi di siang hari, membantu tumbuhan untuk proses dan digunakan sebagai sumber energi listrik. (BUPENA page 73). Energi cahaya mahatahari diubah menjadi energi listrik menggunakan alat yang disebut dengan panel surya.

(sumber foto dari indoenergi-com)

(sumber foto dari matahariyefrichan-wordpress-com)

Selain memanfaatkan cahaya matahari, angin juga dapat dimanfaatkan sebegai sumber energi listrik. Angin adalah udara yangg bergerak. Angin menggerakkan dapat menggerakkan kincir angin. Kincir angin mengubah energi gerak menjadi energi listrik. (BUPENA page 80)

Energi listrik yang ada di rumah kita berasal dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Alat-alat rumah tangga yang menggunakan listrik disebut alat elektronik. (BUPENA page 97).

Alat yang mengubah energi listrik menjadi energi panas

(sumber foto dari ijang59-blogspot-com)

(sumber foto dari alibaba-com)

Alat yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak

(sumber foto dari otakudang-org)

(sumber foto dari harisistanto-wordpress-com)

Alat yang mengubah energi listrik menjadi energi cahaya

(sumber foto dari home.co.id)

Agar tidak menimbulkan bahaya, energi listrik harus digunakan dengan aman.

Anak-anakku kelas 4 MI Muhammadiyah Karanganyar, untuk menghasilkan energi, saat ini sudah banyak dikembangkan sumber energi alternatif sebagai pengganti minyak bumi dan batubara. Diantaranya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, Pembangkit Listrik Tenaga Angin dan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (Page 123).

 

Daftar Pustaka:

Irene MJA. 2016. BUPENA 4A untuk SD/MI Kelas 4. Penerbit Erlangga, Jakarta.