Pahlawan berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama) adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani.

Pahlawan nasional diberikan kepada para pejuang yang berjasa kepada Negara Republik Indonesia, berjuang dalam Negara Indonesia, dan merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Menurut data Kementerian Sosial RI, hingga November 2010 terdapat 149 tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Anak-anakku, informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang diolah sehingga memilki arti dan dapat dipahami oleh pembaca. Semua informasi penting dapat kita peroleh jika kita telah menemukan kata kunci. Kata kunci adalah kata atau istilah yang merupakan inti dari bacaan.

Teks visual adalah teks yang terdiri dari gambar dan teks. Cara menuliskan informasi dari teks visual tidak berbeda dengan cara menuliskan informasi dari teks.

Bacalah informasi-informasi terkait dengan pahlawan berikut ini:

1) Hayam Wuruk, halaman 72

(sumber foto dari kumparan.com)

2) Raja Mulawarman, halaman 81

(sumber foto dari idntimes kaltim.com)

3) Tuanku Imam Bonjol, halaman 83

(sumber foto dari republika.co.id)

4) Sultan Hasanudin, halaman 89

(sumber foto dari tribunnews.com)

5) Pangeran Diponegoro, halaman 104

(sumber foto dari historia.id)

6) Pangeran Antasari, halaman 106

(sumber foto dari koranbanjar.net)

7) Mohammad Hatta, halaman 128

(sumber foto dari historia.id)

Selamat membaca

 

Daftar Pustaka:

Irene MJA. 2016. BUPENA 4B untuk SD/MI Kelas 4. Penerbit Erlangga, Jakarta.