Manusia tidak dapat hidup sendirian. Manusia tidak dapat memenuhi semua kebutuhannya sendiri. Ketika membutuhkan buku, kamu memerlukan penjual buku. Ketika kita membutuhkan pakaian, kita memerlukan penjual pakaian. Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Sebagai makhluk sosial, kita memiliki tetangga. Kita harus hidup rukun dengan tetangga. Kita perlu melakukan kerja sama. Kerja sama dapat dilakukan dalam bentuk kerja bakti. Dengan bekerja sama semua pekerjaan berat menjadi ringan. Pekerjaan juga menjadi cepat selesai. Setiap orang pasti tidak dapat hidup sendirian. Setiap orang membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Setiap orang harus bekerja sama. Misalnya kerja sama membersihkan lingkungan.

A. Bentuk Kerja Sama di Lingkungan Sekitar

Manusia adalah makhluk sosial. Artinya, manusia suka bergaul. Kamu membutuhkan orang lain. Kamu tidak dapat hidup sendiri. Kamu membutuhkan teman. Di sekolah, kamu memiliki teman. Di rumah, kamu memiliki saudara. Di lingkungan rumah, kamu memiliki tetangga. Setiap tetangga memiliki perbedaan. Berasal dari suku yang berbeda. Adatnya berbeda. Agamanya juga berbeda.

Walaupun berbeda, tetapi tetap bersatu. Kamu harus hidup rukun dengan tetangga. Hidup rukun membuat keadaan nyaman. Dengan tetangga harus saling menghormati. Dengan tetangga juga harus saling menghargai.

Pak Supri tinggal di RT 02. Warga RT 02 melaksanakan kerja bakti. Kerja bakti dilaksanakan setiap hari Minggu. Kerja bakti bertujuan menjaga kebersihan. Kerja bakti, mempererat persaudaraan. Hari Minggu, warga RT 02 telah berkumpul. Sebelum kerja bakti, warga senam bersama. Senam pagi dipimpin oleh Bu RT. Setelah senam, warga melaksanakan kerja bakti. Semua warga ikut kerja bakti.

Ibu-ibu menyiapkan makanan untuk warga. Warga melaksanakan kerja bakti dengan gembira. Warga membersihkan jalan. Mereka membersihkan saluran air. Mereka juga membersihkan bak sampah. Pak RT menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Masyarakat juga harus memisahkan sampah organik dan sampah nonorganik. Sampah jangan dibuang di selokan,

nanti selokan akan tersumbat. Jika selokan tersumbat, akan terjadi banjir. Kerja bakti selesai pukul 11. Lingkungan warga menjadi bersih. Lingkungan bersih adalah lingkungan yang sehat. Kerja bakti dapat mempererat hubungan antarwarga.

B. Manfaat Kerja Sama di Lingkungan Sekitar

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Lingkungan yang bersih pasti indah dilihat. Selain itu, pasti juga sehat. Lingkungan kotor sarang penyakit. Di lingkungan kotor pasti tidak nyaman. Banyak sampah dan banyak lalat. Agar sehat, lingkungan harus dibersihkan. Masyarakat harus rajin mengadakan kerja bakti. Agar lingkungan tetap bersih. Membuang sampah harus pada tempatnya.

Setiap rumah memiliki bak sampah. Setiap hari, petugas kebersihan mengambil sampah. Kemudian, sampah dibuang ke tempat khusus sampah.

Gardu ronda di lingkungan rumah Pak Supri rusak. Atap gardu ronda banyak yang berlubang. Ketika hujan, gardu ronda bocor. Pak RT mengajak warga memperbaiki gardu ronda. Ajakan itu disambut baik warga. Mereka akan memperbaiki gardu ronda. Warga memperbaiki gardu ronda bersama-sama. Kerja bakti dipimpin oleh Ketua RT. Pekerjaan memperbaiki gardu telah selesai. Waktu pengerjaan tidak lama. Semua orang bekerja sama. Dengan bekerja sama, pekerjaan cepat selesai.

Pekerjaan berat jadi terasa ringan. Kerja sama telah diwariskan secara turun-temurun. Kerja sama mempererat tali persaudaraan. Kerja sama juga meningkatkan persatuan.

Ada berbagai bentuk kerja sama di masyarakat. Petani di desa bekerja sama mengerjakan sawah.

Orang di desa bekerja sama membuat jembatan. Warga bekerja sama memperbaiki jalan rusak.

Warga juga bekerja bakti membersihkan lingkungan. Kerja sama memberikan banyak manfaat. Pekerjaan menjadi cepat selesai. Pekerjaan menjadi lebih ringan.

C. Melaksanakan Kerja Sama di Lingkungan Sekitar

Kamu telah mengetahui manfaat kerja sama. Ayo, ikut kerja sama di lingkungan rumahmu. Kamu tanyakan kepada orangtuamu. Adakah kegiatan kerja sama di lingkunganmu? Jika ada, ikuti kegiatan tersebut bersama-sama.

 

Soal Latihan

Soal Latihan Bab 6 Kerja Sama_Paket_01

Soal Latihan Bab 6 Kerja Sama_Paket_02

Soal Latihan Bab 6 Kerja Sama_Paket_03

Soal Latihan UAS 2_Paket_01

Soal Latihan UAS 2_Paket_02

Soal Latihan UAS 2_Paket_03

 

Daftar Pustaka

Ilmu Pengetahuan Sosial 2 untuk SD dan MI Kelas II/Tri Jaya Suranto, A. Dakir, Editor Vivi Vibariani β€” Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Dasar/MI Kelas 2/oleh Kuswanto dan Y.Suharjanto; Editor: Ayang Susatya. β€” Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Mengenal Lingkungan Sekitar untuk SD/MI Kelas II/oleh Nurhadi dan Hartitik Fitria Rahmawati; Tim Editor Citra Praya (ed).Β  β€” Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Β 

Satu tanggapan »

  1. terimakasih…untuk MI MUHAMMADIYAH karna telah memberikan saya ilmu untuk bekerja bakti sesama manusia atau di lingkungan sendiri πŸ™‚ jadi bisa menerapkan ilmu untuk kerja bakti πŸ™‚
    sesama manusia terimakasih…untuk penulisnya MR.SUPRI πŸ™‚

Tinggalkan komentar