CERITA PANJANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2019

Part 1. Kabar Gembira

Dear Temans, tulisan saya kali ini berkisah tentang cerita panjang pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2019 yang saya alami. Semoga cerita ini bisa menjadi sebuah kenangan dan juga gambaran teman-teman yang (mungkin) akan melaksanakan PPG di kesempatan yang akan datang.

Sepengetahuan saya (mohon maaf jika salah), dasar pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2019 ini adalah Keputusan Dirjen Pendis Nomor 2396 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Mekanisme Penetapan Calon Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan bagi Guru Madrasah Tahun 2019 tanggal 29 April 2019. Berdasarkan ini, program studi S1 Tadris Kimia yang saya gunakan untuk bekal menjadi tenaga pendidik di MI Muhammadiyah Karanganyar sejak tahun 2006 termasuk linier dengan program studi PPG yaitu Guru Kelas MI dengan Kode 028. Teman-teman guru MI kalau mau lihat jurusannya linier apa tidak silakan lihat di lampiran halaman 18.

Petunjuk Teknis Mekanisme Penetapan Calon Peserta PPG Dalam Jabatan bagi Guru Madrasah Tahun 2019

Setelah ada Surat Keputusan di atas, muncul instruksi di akun SIMPATIKA untuk melengkapi syarat salah satunya adalah scan ijzah asli. Setelah menunggu beberapa saat, tibalah waktunya untuk melaksanakan seleksi akademik.

Waktu dan tempat pelaksanaan seleksi akademik diumumkan di akun SIMPATIKA. Seleksi akademik dengan berbasis online dilaksanakan di laboratorium komputer MAN 1 Karanganyar Jawa Tengah.

Berikut adalah latihan soal yang saya baca sebelum test seleksi akademik. Sebagian besar dari soal-soal latihan ini muncul di test seleksi akademik. Silakan download.

Soal-soal Pedagogi Modul 1-5

Soal TPA PPG 2018

Soal PPG 2018 Kompetensi Pedagogi

Soal dan Jawaban

Sinonim, Antonim, Analogi, Deret Hitung, Geometri dan Penalaran Analitis dan Silogisme

Simulasi Tes Potensi Akademik

Kisi-kisi Ujian Pengetahuan PPG 2018 Guru Kelas MI Pedagogi dan Profesional

Alhamdulillah, singkat cerita muncullah pengumuman kelulusan di akun SIMPATIKA. Ini adalah secercah harapan yang semoga ini menjadi jalan menuju kebaikan.

Selanjutnya, kami diminta untuk mengunggah Pakta Integritas. Pengumuman kelulusan ini, seingat dan sepengetahuan saya (mohon maaf jika salah) berdasarkan edaran berikut:

Surat Edaran Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Pada tahapan selanjutnya kami diminta untuk melengkapi berkas berupa: Form A1 yang telah ditandatangani, fotocopy ijazah S1, fotocopy SK Pembagian Tugas Mengajar 2 tahun terakhir, Pakta Integritas, surat keterangan sehat, foto berwarna background merah ukuran 3×4 sejumlah 4 lembar. Berkas ini dikirim ke LPTK.

Part 2.Daring

Kami berlima (saya, Pak Deta, Pak Irham, Bu Ida dan Pak Arif) di LPTK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Berdasarkan Surat Edaran Nomor 135 Tahun 2019 tentang Jadwal PPG Dalam Jabatan Tahun 2019, kami mulai melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring) atau online tanggal 1 Juli – 24 Juli 2019 (untuk pembelajaran pedagogi) dan 25 Juli – 19 September 2019 (untuk Profesional) dilanjutkan daring penyusunan perangkat pembelajaran. Kegiatan pembelajaran daring ini kami laksanakan di sela-sela kegiatan belajar mengajar di madrasah. Jadi, saat daring ini saya belum cuti meninggalkan madrasah. Daring menggunakan link di bawah ini.

https://bit.ly/2qOwbJS

Selama pembelajaran daring, kita diminta untuk download modul, membaca, aktif diskusi dengan dosen dan sesama peserta daring. Dalam satu kelas ada sekitar 30 peserta. Selain itu ada juga tes formatif di setiap akhir kegiatan belajar dan juga tes sumatif di setiap akhir modul. Biasanya setiap modul ada beberapa kegiatan belajar. Tes formatif di setiap akhir kegiatan belajar bisa diulang sampai 3 kali. Tes sumatif tidak bisa diulang, maka perlu membaca berkali-kali agar nilainya secara keseluruhan bisa bagus. Yang perlu dicatat, nilai secara keseluruhan mempengaruhi kelulusan daring. Syarat peserta dapat mengikuti lokakarya adalah lulus daring.

Ada beberapa kewajiban peserta daring yang perlu diseriusi yaitu download modul, membaca, meresume modul, aktif diskusi, mengerjakan tugas yang diberikan dosen dan menguploadnya, kemudian mengerjakan tes formatif dan sumatif.

Khusus terkait dengan tugas, saya sarankan tugas-tugas yang diberikan dosen dikerjakan sendiri bukan hanya copy paste dari download atau copy paste milik teman karena dosen akan mengkonfirmasi terkait dengan plagiasi ini. Berikut ini adalah modul pedagogi. Silakan di download, siapa tahu bermanfaat.

Modul M1 KB1 Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21

Modul M1 KB2 Peran Teknologi dan Media dalam Pembelajaran Abad 21

Modul M1 KB3 Merancang dan Menilai Pembelajaran Abad 21

Modul M2 KB1 Kompetensi Guru

Modul M2 KB2 Reorientasi Paradigma Dasar Pengembangan Profesionalisme Guru

Modul M3 KB1 Teori Behavioristik

Modul M3 KB2 Teori Kognitif

Modul M3 KB3 Teori Konstruktivistik

Modul M3 KB4 Teori Humanistik

Modul M4 KB1 Karakteristik Umum Peserta Didik

Modul M4 KB2 Kemampuan Awal

Modul M4 KB3 Gaya Belajar

Modul M5 KB1 Model Pembelajaran

Modul M5 KB2 Media Pembelajaran

Modul M5 KB3 Pengembangan Bahan Ajar

Modul M5 KB4 Perencanaan Pembelajaran

Modul M6 KB1 Pengertian Pengukuran Penilaian Tes dan Evaluasi

Modul M6 KB2 Penilaian Autentik

Modul M6 KB3 Menulis Test Hasil Belajar

Modul M6 KB4 Menelaah Test Hasil Belajar

Dan berikut ini adalah profesional. Silakan download. Selamat membaca.

Modul 1 Matematika

M1KB1 Bilangan

M1KB2 (1) Geometri

M1KB2 (2) Bangun Datar dan Bangun Ruang

M1KB2 (3) Sistem Koordinat, Pitagoras dan Transformasi Geometri

M1KB2 Tambahan Lagi (1) Menemukan Dalil Pitagoras

M1KB2 Tambahan Lagi (2) Bangun Datar

M1KB2 Tambahan Lagi (2) Bangun Ruang dan Unsur-unsurnya

M1KB2 Tambahan Lagi (3) Sistem Koordinat

M1KB3 (1) Ukuran Pemusatan Data

M1KB3 (2) Range dan Varian

M1KB4 Logika Matematika

Modul 2 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

M2KB1 Materi Energi dan Gelombang

M2KB2 Listrik dan Magnet

M2KB3 Makhluk Hidup

M2KB4 Makhluk Hidup dan Lingkungan

Modul 3 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

M3KB1 Konsep Dasar PPKn untuk SD-MI

M3KB2 Pancasila

M3KB3 Integritas Nasional

M3KB4 Nilai Moral dan Norma hukum serta Hak dan Kewajiban

Modul 4 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yang saya upload disini hanya sebagian. Selamat membaca.

M4 Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial SD-MI

M4 Ruang Lingkup Mata Pelajaran IPS SD-MI

M4 Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Kurikulum di Indonesia

M4 Tujuan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

M4 Peta

Modul 5 Bahasa Indonesia

M5KB1 Hakikat dan Kedudukan Bahasa Indonesia

M5KB2 Apresiasi Sastra Anak

M5KB3 Kebahasaan dan Keterampilan Berbahasa

M5KB4 Karakteristik Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI

Modul 6 Pembelajaran Tematik

M6KB1 Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran

M6KB2 Karakteristik Pembelajaran Tematik

M6KB3 Model Pembelajaran Tematik

M6KB4 Pengembangan Pembelajaran Tematik

Selain itu ada tambahan yaitu pembelajaran daring perangkat pembelajaran. Baru setelah menyelesaikan semua pembelajaran dalam jaringan selama kurang lebih dua bulan, muncullah pernyataan kelulusan daring dan dilanjutkan dengan lapor diri ke LPTK yang ditunjuk pada tanggal 24-25 September 2019. 

Saat lapor diri inilah, kami sekalian mencari kos. Sebelum Bapak/Ibu mendapatkan kepastian tempat PPG, saya sarankan tidak mencari kos dahulu. Karena tempat pelaksanaan PPG (khususnya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) ada dua tempat. Satu tempat di Kampus Pusat di Jalan Adisucipto dan Kampus Sambilegi dekat Bandara. Jaraknya antara Kampus Pusat dengan Kampus Sambilegi kurang lebih 5 km. Tunggu saja, kalau tempat PPGnya di Kampus Pusat ya nyari kosnya di sekitar kampus pusat, tapi tempat PPGnya di kampus Sambilegi ya nyarinya kos di Sambilegi saja. Untuk sekitar Sambilegi harga kos rata-rata Rp.500.000 sampai dengan Rp.1.600.000 per kamar per bulan, tergantung fasilitas yang ada.

Ini lokasi Kampus Pusat UIN Sunan Kalijaga: https://goo.gl/maps/AMVmXWtPef9HedJ78

Ini lokasi Kampus Sambilegi: https://goo.gl/maps/sNjrYCwSUSWoGcq66

Kampus PPG di Sambilegi ini satu kompleks dengan University Hotel. University Hotel ini adalah hotel milik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Part 3.Lokakarya

Tibalah saatnya lokakarya. Tahun ini, lokakarya untuk kelompok guru MI dilaksanakan di di Gedung PPG Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan Kampus Sambilegi tanggal 26 September – 17 Oktober 2019.

 

Pembukaan Lokakarya dilaksanakan di Gedung Multi Purpose, hari Jumat tanggal 27 September 2019. Pembukaan dihadiri Direktur GTK Kementerian Agama, Prof.Suyitno.

Sebelum lokakarya dilaksanakan, saya menyempatkan diri untuk mengantar teman-teman dari MI Muhammadiyah Karanganyar keliling Kota Yogyakarta, mulai dari Candi Sambisari-UIN Sunan Kalijaga-SD Muhammadiyah Sapen-UNY-UGM-Kantor PP Muhammadiyah di Jalan Chik Di Tiro-Tugu-Malioboro-Kantor PP Muhammadiyah di Jalan Ahmad Dahlan-Toko Suara Muhammadiyah-Museum Sono Budoyo-Alun-alun Utara-Alun-alun Selatan-Komplek Tamansari-Pakualaman-Gembiraloka Zoo-JEC dan kembali ke Sambilegi.

Pelaksanaan lokakarya dilaksanakan di Kampus Sambilegi. Ada 9 Kelas GKMI, saya di GKMI 1.  Kegiatan lokakarya dilaksanakan 21 hari penuh tanpa libur. Hari Sabtu dan Ahad digunakan untuk melaksanakan peer teaching. Tapi pada praktiknya peer teaching dalam satu kelompok bisa dilaksanakan satu hari di hari Sabtu dan Ahadnya bisa pulang kampung ke Karanganyar.

 

 

Dalam satu kelas ada 28-30 peserta yang berasal dari seluruh penjuru daerah. Adapun dosen pengampu untuk GKMI1 adalah Dr.Zainal Arifin, Dr.Winarti dan Nur Munajat,M.Si. Untuk pelaksanaan peer teaching, kelas dibagi menjadi 3. Setiap kelompok terdiri dari 9-10 mahasiswa. Setiap mahasiswa melaksanakan praktik peerteaching selama kurang lebih 45 menit.

Selama melaksanakan lokakarya, bukan hanya sekedar menimba ilmu dari dosen pembimbing tetapi juga sesama peserta saling berbagi ilmu dan sharing banyak hal.

Beberapa dokumen yang mungkin bermanfaat:

Daftar Nilai Daring Kelas Profesional

Pengumuman Kelulusan Daring PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Surat Edaran Jadwal PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Pembagian Lokasi Lokakarya PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Undangan Orientasi Mahasiswa PPG

Jadwal Lokakarya

Pembagian Kelas Lokakarya

Pembagian Kelas Peer Teaching

Undangan Pembekalan PPL PPG

Part 4.PPL

Setelah selama kurang lebih 21 hari pelaksanan lokakarya dapat berjalan dengan baik, maka tahap selanjutnya adallah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Saya bersama dengan teman-teman dari Karanganyar ber-PPL di MI Al Islamiyah Grojogan Wirokerten Banguntapan Bantul. Adapun Dosen Pembimbing Lapangan untuk kami adalah Ibu Fitri Yuliawati,M.Pd.Si dan Guru Pamong Ibu Uswatun Chasanah,S.PdI.

Penyerahan Mahasiswa PPL dari LPTK kepada madrasah dilakanakan pada Senin, 21 Oktober 2019 di Aula MI Al Islamiyah Grojogan diterima Bapak Sarju,S.PdSD,M.PdI. Banyak hal yang dilakukan selama PPL diantaranya adalah praktik pembelajaran (termbimbing, mandiri dan ujian), praktik persekolahan (among kedatangan siswa, upacara, mendampingi kegiatan tahfidz, pembiasaan dhuha, jalan sehat, kegiatan ekstrakurikuler, tadarus bersama guru, les kelas 6, tambahan mendampingi membaca kelas 1 dan pendampingan olimpiade).

Selain itu saya dan Mr.Deta juga berkesempatan berbagi sedikit ilmu dalam bentuk workshop untuk Bapak/Ibu guru di MI Al Islamiyah Grojogan. Saya berbagi tips terkait dengan pembelajaran aktif menggunakan TIK dan Mr.Deta berbagi tips terkait dengan pendampingan olimpiade Matematika. Selain itu selama PPL, saya juga mendapatjkan amanah dari Ketua PPG UIN Sunan Kalijaga untuk melaksanakan PTK.

Di akhir sesi PPL, dilaksanakanlah penarikan dan ujian kinerja. Uji kinarja dilaksanakan selama tiga hari yaitu tanggal 11-13 November 2019. Pada sesi ukin, MI Al Islamiyah Grojogan kedatangan tamu panitia PPG nasional dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Oiya, selama PPL di MI Al Islamiyah Grojogan kami juga menyempatkan untuk belajar sejarah di pusat kerajaan Mataram Islam di Kotagede dan juga Monumen perjuanagan TNI AU di Ngoto Bantul, pusat kerajinan perak serta tadabur alam ke Pantai Parangtritis serta Bukit Watugupit Gunungkidul Yogyakarta.

Setelah kami menyelesaikan Uji Kinerja di madrasah tempat kami PPL, kami menunggu jadwal Uji Kompetensi. Sebelum Uji Kompetensi, fihak LPTK mengadakan semacam try out online yang bisa dikerjakan di kost kita masing-masing. Sampai saatnya datang jadwalnya Uji Kompetensi. Berikut Jadwal Uji Kompetensi saya. Daftar Hadir Uji Kompetensi Program PPG Periode 7 Tahun 2019. Tepat satu hari sebelum kost kami habis, kami dijadwalkan Uji Kompetensi. Setelah Uji Kompetensi kami pulang kembali menjalani aktifitas sebagai guru di madrasah masing-masing.
Daaan… tibalah saatnya pengumuman Uji Kompetensi. Segala puji bagi Alloh yang telah meluluskan Uji Kompetensi saya. Di kelas kami, ada beberapa teman yang belum lulus. Teruntuk teman-teman yang belum lulus, tetap semangats.

Pengumuman bisa dilihat di: http://ukmppg.ristekdikti.go.id/