Wawancara

(sumber foto dari republika.co.id)

Anak-anakku kelas 4A MI Muhammadiyah Karanganyar, semoga kita semuanya selalu dalam lindungan Alloh SWT. Aamiin.
Anak-anakku, wawancara yaitu kegiatan tanya jawab yang dilakukan untuk memperoleh informasi secara rinci tentang suatu hal atau peristiwa.

Orang yang ditanya dalam wawancara disebut narasumber. Wawancara menjadi salah satu cara mendapatkan informasi bahan berita. Wawancara biasanya dilakukan oleh satu atau dua orang wartawan (orang yang bertanya) dengan seseorang atau sekelompok orang yang menjadi sumber berita (narasumber). Biasanya dilakukan atas permintaan atau keinginan wartawan yang bersangkutan. Sedangkan dalam jumpa pers atau konferensi pers, wawancara biasanya dilaksanakan atas kehendak sumber berita.

Syarat narasumber yang baik dalam wawancara: (BUPENA halaman 169)

1. Memiliki pengetahuan yang baik

2. Memiliki keahlian tertentu

3. Mengalami atau melihat langsung persitiwa yang ditanyakan dalam wawancara

Wartawan merupakan jenis pekerjaan yang bertugas untuk mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio dan televisi. Wartawan disebut juga juru warta. Wawancara biasanya ditemani juru kamera.

Sebelum melakukan wawancara, kita menentukan tema wawancara. Dalam melakukan wawancara sebaiknya diawali dengan sapaan yang sopan. Kalimat yang digunakan untuk memperoleh informasi termasuk kalimat tanya. Pertanyaan yang disampaikan sebaiknya menggunakan kalimat yang mudah difahami dalam bentuk kalimat yang jelas. Saat narasumber memberikan penjelasan, pewawancara sebaiknya tidak memotong atau menyela pembicaraan.

Sebagai pewawancara kita harus selalu fokus kepada hal yang ingin ditanyakan dengan berpanduan pada daftar pertanyaan yang telah dibuat, mencatat hal-hal penting seputar jawaban dan membuat kesimpulan hasil wawancara.

Selain itu, saat memilih narasumber harus sesuai dengan bidang keahlian narasumber. Kalimat pertanyaan yang digunakan diawali dengan kata tanya. Berikut adalah kata tanya yang digunakan dalam wawancara (BUPENA halaman 157)

Apa

Kata ini merupakan kata yang berfungsi untuk menanyakan sesuatu baik berupa keadaan atau perbuatan yang berkaitan dengan isi atau inti bahasan. Adapun jawaban untuk kata tanya ini adalah suatu pengertian, keterangan ataupun penjelasan dari apa yang ditanyakan.

Siapa

Merupakan kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan pelaku yang terkait, tersangkut atau turut serta dalam suatu peristiwa atau kejadian. Adapun jawaban dari kata tanya ini adalah orang atau pelaku suatu tindakan tersebut.

Kapan

Merupakan kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan interval peristiwa terjadinya sesuatu keadaan. Jawaban atas kata tanya ini dapat berupa jam, hari, tanggal, bulan, tahun ataupun lamanya sebuah kejadian.

(Di, Ke, Dari) Mana

Adalah sebuah kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan tempat suatu peristiwa berlangsung, lokasi yang akan dituju, serta tempat yang sedang digunakan atau yang tengah disambangi. Adapun jawaban atas kata tanya ini adalah hal-hal yang ditanyakan oleh kata tanya tersebut.

Mengapa

Adalah kata tanya yang berfungsi sebagai penanya alasan atau sebab sebuah peristiwa terjadi. Jawaban atas kata tanya ini adalah penyebab kenapa peristiwa tersebut terjadi. Umumnya jawabannya diawali dengan sebab.

Bagaimana

Kata tanya ini berfungsi sebagai kata yang menanyakan cara atau proses sebuah peristiwa berlangsung, serta untuk menanyakan keadaan atau kejelasan satu hal. Kejelasan atau keadaan suatu hal, serta cara atau proses suatu peristiwa berlangsung adalah jawaban atas kata tanya ini.

Berapa

Jenis kata tanya yang terakhir ini mempunyai fungsi sebagai penanya banyak, jumlah, atau satuan. Adapun jawaban atas kata tanya ini adalah banyak, jumlah, atau satuan yang hendak ditanyakan.

Ketentuan pertanyaan yang baik dalam wawancara meliputi: (BUPENA halaman 160)

1. Pertanyaan runtut

2. Mulai dari yang umum ke yang khusus

3. Pertanyaan saling berkaitan

Setelah melaksanakan wawancara, pewawancara menuliskan laporan (BUPENA halaman 192). Hal-hal yang harus ditulis dalam laporan wawancara adalah merangkum informasi dan menulis berita sesuai dengan informasi yang diberikan narasumber. Langkah-langkah menulis laporan wawancara adalah menuliskan topik wawancara, narasumber, pewawancara serta waktu dan tempat wawancara, menuliskan daftar pertanyaaan beserta jawabannya dan menuliskan kesimpulan wawancara.

 

Daftar Pustaka:

Irene MJA. 2016. BUPENA 4A untuk SD/MI Kelas 4. Penerbit Erlangga, Jakarta.