Kenampakan Alam dan Pemanfaatannya

Anak-anakku, pembahasan kita masih tentang sikap peduli terhadap makhluk hidup di sekitar. Pada kali ini kita akan membahas kenampakan alam dan pemanfaatannya.

1. Dataran Tinggi

Dataran tinggi adalah permukaan bumi berupa daratan yang luas dan berada ketinggilan 200600 meter di atas permukaan laut.

(sumber foto dari jejakpiknik.com)

(sumber foto dari coffeeland.co.id)

Contoh pemanfaatan dataran tinggi untuk pemenuhan kebutuhan manusia adalah untuk perkebunan teh dan perkebunan kopi dan juga sayur-sayuran.

2. Dataran Rendah

Dataran rendah adalah permukaan bumi yang berada di ketinggian 0-200 meter. Dataran rendah banyak dimanfaatkan untuk pertanian, peternakan dan juga industri. Contoh hasil pertanian di dataran rendah adalah padi. Contoh peternakan di dataran rendah adalah ayam.

(sumber foto dari budidayanews-blogspot-com)

(sumber foto dari ayamkita.com)

 

3. Pantai

Pantai adalah daratan yang berbatasan langsung dengan laut. Daerah pantai biasanya landai dan tanahnya banyak mengandung pasir. Pantai banyak dimanfaatkan untuk obyek wisata dan juga tempat pembuatan garam.

(sumber foto dari travel.dream.co.id)

(sumber foto dari greeners.co)

Tanaman Padi dan Teh

Contoh tanaman di dataran rendah adalah padi. Sebagian besar mata pencaharian penduduk Indonesia adalah petani, maka Indonesia disbeut juga negara agraris. Adapun cara menanam padi adalah:

1) menyemai padi

2) mengolah tanah

3) Menanam padi

4) Memenuhi kebutuhan air

5) Memupuk

6) Menyemprot dengan obat-obatan anti hama

7) Menyiangi rumputnya

8) Menunggu panen

9) Memanen

Contoh tanaman yang dapat hidup di dataran tinggi adalah teh. Teh digunakan untuk bahan minuman.

 

Melestarikan Sumber Daya Alam

Masing-masing pulau di Indonesia memiliki fauna khas, diantaranya adalah burung Cenderawasih khas Papua, harimau dan gajah khas pulau Sumatera, badak Jawa adalah khas hewan pulau Jawa, Orang utan adalah khas hewan di Pulau Kalimantan, Jalak dari Bali dan Komodo dari Nusa tenggara Timur.

Manusia dapat memanfaatkan hewan peliharaan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hewan peliharaan contohnya ayam, bebek, kelinci, ikan (BUPENA halaman 183). Ikan digolongkan menjadi 3 jenis yaitu ikan air tawar, air laut dan air payau.

 

Daftar Pustaka:

Irene MJA. 2016. BUPENA 4A untuk SD/MI Kelas 4. Penerbit Erlangga, Jakarta.