Assalmu’alaikum Anak-anakku, dalam tema “Daerah Tempat Tinggalku” kali ini bersama Mr.Supri kita akan membahas tentang “Jenis-jenis Pekerjaan berdasarkan Tempat Tinggal”

Penduduk Indonesia tinggal di tempat yang berbeda-beda, ada yang di perkotaan, ada yang di pedesaan. Setiap tempat tinggal tersebut memiliki lingkungan dan sumber daya yang berbeda-beda. Hal ini mempengaruhi jenis pekerjaan penduduk yang tinggal di lingkungan tersebut. Jenis pekerjaan yang mungkin dilakukan oleh penduduk di perkoataan misalnya adalah pekerja kantoran. Sedangkan pekerjaan yang mungkin dilakukan oleh pendidik di pedesaan misalnya petani dan juga peternak.

Di daerah yang banyak menghasilkan kayu seperti di Jepara Jawa Tengah memungkinkan penduduknya bekerja sebagai pengrajin furnitur atau mebel yang menghasilkan ukiran, meja dan juga almari dari kayu. Di daerah pantai seperti di Kuta Bali, banyak penduduknya bekerja sebagai pemandu wisata dan juga pedagang souvenir.

Kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut kegiatan ekonomi. Tahapan kegiatan ekonomi terdiri dari 3 (tiga) tahap yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan produksi artinya kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa. Contohnya adalah para pengrajin menghasilkan gerabah, para petani menanam padi dan para nelayan mencari ikan. Para pelaku kegiatan produksi disebut sebagai produsen.

Kegiatan distribusi yaitu kegiatan menyalurkan barang hasil produsen kepada konsumen. Pekerjaan yang terkait dengan kegiatan distribusi ini contohnya adalah sopir dan juga ojek online. Orang yang melaksanakan kegiatan distribusi disebut distributor.

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen. Orang yang melaksanakan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

 

Anak-anakku, untuk melengkapi pengetahuan kalian simak video di bawah ini ya. Jangan lupa like dan subscribe ya.

 

Daftar Pustaka

Irene M.J.A. 2016. Buku Penilaian BUPENA Jilid 4C. Penerbit Erlangga, Jakarta.