Anak-anakku, yuuk semangat lagi. Hari Senin (30/03) ini kita akan belajar tentang Mengumpulkan dan Menyajikan  Data.

Data adalah suatu keterangan yang diperlukan untuk memecahkan suatu masalah atau mendapat gambaran suatu keadaan. Data yang terkumpul dapat disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang,diagram lingkaran, diagram garis, atau diagram gambar (piktogram).

Pengumpulan Data

Sebelum memperoleh sebuah data, maka kita harus melakukan proses pengumpulan data. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mendapatkan data, diantaranya melalui penelitian, wawancara, polling atau angket, dan juga penghitungan langsung.

Penyajian Data

Setelah memperoleh data, biasanya data-data tersebut disajikan dalam beragam bentuk. Kali ini Mr.Supri akan menyajikan data nilai matematika dari siswa yang ada di kelas 4A MI Muhamamdiyah Karanganyar.

Dalam penyajian data dalam bentuk tabel di atas di dapatkan informasi bahwa terdapat 5 anak yang nilainya 95, 7 anak yang nilainya 96, 1 anak yang nilainya 97, 6 anak yang nilainya 98, 3 anak yang nilainya 99 dan 8 anak yang nilainya 100. Dari tabel di atas juga di dapatkan informasi bahwa jumlah siswa kelas 4A semuanya ada 30 anak.

Diagram

Diagram ada beragam bentuknya mulai dari diagram batang, diagram lingkaran, diagram gambar dan diagram garis.

Diagram Batang

Data nilai matematika dari siswa yang ada di kelas 4A MI Muhamamdiyah Karanganyar di atas dapat disajikan dalam bentuk Diagram Batang sebagai berikut:

Diagram Lingkaran

Untuk membuat Diagram Lingkaran kita harus mencari presentase besar sudut dari masing-masing data nilai di atas. Pelajaran detail terkait dengan Diagram Lingkaran ini akan disampaikan nanti saat kalian sudah kelas 6. Kali ini Mr.Supri hanya ingin menunjukkan contoh Diagram Lingkaran.

Data nilai matematika dari siswa yang ada di kelas 4A MI Muhamamdiyah Karanganyar di atas dapat disajikan dalam bentuk Diagram Lingkaran sebagai berikut:

Diagram Garis
Diagram garis biasa digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk perkembangan jumlah data tertentu. Data nilai matematika dari siswa yang ada di kelas 4A MI Muhamamdiyah Karanganyar di atas dapat disajikan dalam bentuk Diagram Garis sebagai berikut:

Anak-anakku, untuk lebih jelasnya Mr.Supri persilakan untuk melihat video di bawah ini. Selamat belajar.

Membuat Grafik Gambar dan Diagram Datang | Matematika | Khan Academy

Membaca Diagram Batang – (1) | Matematika | Khan Academy

Membaca Diagram Batang – (2) | Matematika | Khan Academy