Mengulas Isi Buku Sastra

Buku sastra berisi beberapa cerita. Mengulas artinya menjelaskan isi, menilai atau memberi pendapat terhadap buku yang sudah dibaca. Hasil dari mengulas disebut ulasan. (BUPENA halaman 5).

Hal yang diulas diantaranya adalah:

1. Judul, penulis, penerbit, jumlah halaman dan tahun terbit

2. Inti cerita

3. Manfaat cerita

4. Kelebihan dan kekurangan buku

(sumber gambar/foto dari ebookanak.com)

Unsur-unsur cerita diantaranya adalah tema, alur, latar, dan tokoh. Tokoh adalah pelaku dalam sebuah cerita. Berdasarkan perannya tokoh dalam cerita dibedakan menjadi 2 yaitu tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama selalu hadir dalam setiap peristiwa dan menjadi penentu cerita. Tokoh pembantu berperan untuk mendukung tokoh utama. Berdasarkan perilakunya, tokoh dapat dibedakan menjadi tokoh yang mendukung tokoh utama dan tokoh yang menentang tokoh utama.

Selain tokoh, ada unsur lain dalam cerita yang disebut dengan alur. Alur disebut juga jalan cerita. Terjadinya permasalahan dalam cerita disebut konflik.

 

Menemukan Pesan Moral dalam Cerita

(sumber gambar/foto dari yprindonesia.wordpress.com)

Cerita ditulis agar dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Cerita mengandung pesan moral untuk pembacanya. Pesan moral ini disebut juga amanat. Pesan moral berisi saran, nasihat pesan atau anjuran bagi pembacanya. Pesan moran dapat ditemukan langsung dalam cerita (tersurat) tetapi juga tidak ditemukan langsung dalam cerita (tersirat).

Cerita yang benar-benar tidak terjadi disebut dongeng. Dongeng yang tokohnya diperankan oleh binatang disebut fabel. Contoh fabel ada di BUPENA halaman 35, 47 dan 59. Selamat membaca.

 

 

 

Simak juga video di bawah ini ya!

Sumber video dari https://www.youtube.com/watch?v=Zez_af01GZ4

Sumber video dari https://www.youtube.com/watch?v=cXNqmdz85gI

 

Daftar Pustaka:

Irene MJA. 2016. BUPENA 4B untuk SD/MI Kelas 4. Penerbit Erlangga, Jakarta.