Gambar 1 Cinta Lingkungan Sekitar

Segala sesuatu yang ada di sekitar kita disebut lingkungan. Lingkungan hidup dapat berupa manusia, hewan dan juga tumbuhan. Dalam bab ini kita akan pelajari pentingnya hewan dan tumbuhan bagi kehidupan kita dan juga cara menjaga kelestariannya.

A. Pentingnya Tumbuhan bagi Kehidupan Kita

Gambar 2 Cinta Lingkungan SekitarTahukah kalian untuk apa kita menanam pohon disekitar rumah kita? Tanaman yang ada disekitar kita banyak sekali manfaatnya. Ketika kalian melihat jalan-jalan di kota-kota besar, kalian akan melihat banyak pepohonan ditanam dipinggir jalan. Pepohonan yang ditanam menghasilkan udara segar. Udara segar dibutuhkan oleh makhluk hidup

khususnya manusia. Selain itu pepohonan berguna sebagai tanaman peneduh dan juga untuk keindahan. Di pedesaan dan di pegunungan masih banyak tanaman rindang udaranya sangat segar. Pepohonan merupakan penghasil udara segar. Udara segar sangat baik untuk kesehatan.

Ketika kalian berwisata ke daerah pegunungan, kalian rasakan udaranya sangat segar. Di daerah pegunungan tanaman banyak tumbuh di lereng-lereng gunung, di samping berguna sebagai penghasil oksigen, tumbuhan dapat mencegah banjir dan tanah longsor. Mengapa bisa demikian? Akar tumbuhan berguna untuk melindungi tanah pegunungan yang posisinya miring. Kemiringan tanah pegunungan sangat rawan terhadap pengikisan air hujan. Tahukah kalian erosi itu? Erosi adalah terkikisnya tanah oleh air. Gunung yang gundul mudah terkikis air hujan. Air mengalir sangat deras, tidak ada tanaman pelindungnya. Jika hujan turun sangat lebat bisa mengakibatkan banjir daerah di bawahnya. Itulah gunanya hutan.

Gunung yang tumbuhannya masih lebat dapat melindungi tanah di bawahnya permukaan tanah tidak mudah terkikis

akar tumbuhan hutan yang lebat dapat menyerap dan menahan air hujan. Air hujan tidak mengalir dengan deras. Daerah di bawahnya selamat dari banjir. Jadi kita harus menjaga kelestarian hutan dengan cara tidak boleh menebang hutan sembarangan karena dapat merugikan banyak orang.

Selain yang telah dijelaskan di atas, banyak sekali manfaat lain dari tumbuhan yang ada di sekitar kita. Diantaranya adalah kita mengenal banyak jenis tanaman bermanfaat yaitu: (1) Tanaman pertanian contohnya adalah padi, jagung, kacang dan singkong. (2) Tanaman perkebunan contohny adalah teh, karet, tebu dan kelapa sawit.

B. Pentingnya Hewan bagi Kita

Gambar 3 Cinta Lingkungan SekitarAnak-anakku, tahukah kalian bahwa sebagian besar hewan dipelihara diambil dagingnya? Daging hewan dapat dimakan. Daging hewan mengandung gizi yang tinggi. Gizi dibutuhkan untuk pertumbuhan. Hewan yang dipelihara untuk diambil dagingnya adalah sapi, kambing, kerbau. Selain diambil dagingnya, banyak hewan yang diternakkan juga dimanfaatkan telurnya, diantaranya adalah ayam, bebek, burung puyuh. Ada juga hewan yang dipelihara untuk diambil  tenaganya.

 

C. Menjaga Kelestarian Alam

Alam adalah ciptaan Alloh yang maha kuasa. Alam yang terhampar ini merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya. Alam diciptakan Alloh untuk kepentingan manusia. Manusia harus dapat menjaga kelestariannya.

1. Menjaga Kelestarian Hutan

Gambar 4 Cinta Lingkungan SekitarAnak-anakku, tahukah kalian manfaat hutan? Salah satu manfaat hutan adalah untuk pencegah banjir dan tanah longsor, penghasil kayu untuk bahan bangunan juga tempat hidup berbagai jenis hewan. Hutan sangat berguna bagi kita, oleh karena itu harus dijaga jangan sampai rusak. Jika hutan rusak kita akan rugi. Untuk melestarikan hutan

pemerintah melakukan cara cara, diantaranya adalah: (a) perlindungan terhadap hutan yang rusak, (b) mengadakan penanaman pohon kembali atau reboisasi, (c) melarang penebangan hutan sembarangan.

Tahukah kalian hutan adalah paru-paru dunia? Hutan sebagai paru-paru dunia artinya hutan sebagai tempat penghasil udara yang sejuk dan segar (oksigen) yang di hirup oleh manusia dan hewan di seluruh dunia.

2. Pelestarian Hewan Langka

Gambar 5 Cinta Lingkungan Sekitar_02 Gambar 5 Cinta Lingkungan Sekitar_01

Diantara kalian mungkin pernah mendengar kata “suaka marga satwa”. Tahukah kalian arti dari kata kata “suaka marga satwa”? Suaka marga satwa adalah tempat untuk melindungi hewan langka. Selain untuk melindungi hewan langka juga untuk melestarikannya karena adanya perburuan liar oleh manusia yang tidak bertanggung jawab.

Hewan langka yang harus dilindungi diantaranya adalah gajah, harimau, rusa, badak dan orang utan. Hewan-hewan tersebut itu adalah binatang langka dan dilindungi. Para pecinta hewan melakukan penangkaran hewan langka tujuannya untuk mengembangbiakkan hewan langka tersebut. Setelah besar dilepaskan kembali di lingkungannya. Di Indonesia banyak taman marga satwa untuk melestarikan sekaligus sebagai tempat wisata.

Latihan Soal

Anak-anakku, silahkan di download soal-soal dibawah ini untuk belajar di rumah. Selamat belajar.

Soal Latihan 2 Cinta Lingkungan Sekitar_Paket_01

Soal Latihan 2 Cinta Lingkungan Sekitar_Paket_02

Soal Latihan 2 Cinta Lingkungan Sekitar_Paket_03

Latihan Soal Ulangan Akhir Semester Gasal

Anak-anakku, silahkan di download soal-soal dibawah ini untuk belajar di rumah. Selamat belajar.

Soal Latihan Ulangan Semester Gasal_Paket_02

Soal Latihan Ulangan Semester Gasal_Paket_03

Daftar Pustaka

Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SD/MI Kelas II/Lili Nurlaili. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SD/MI Kelas II/Sajari, Suharto . — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SD/MI Kelas II/Setiati Widihastuti, Fajar Rahayuningsih. —Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Tinggalkan komentar