Dear Anak-anakku kelas 4 MI Muhammadiyah Karanganyar, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia memanfaatkan segala sesuatu yang berada di lingkungan manusia. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berada di alam yang dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Sumber daya alam yang dapat diperharui banyak melimpah di lingkungan sekitar manusia. Diantara sumber daya alam yang dapat diperbarui yang ada yaitu hewan dan tumbuhan. Hewan ternak dipelihara manusia untuk dikonsumsi manusia misalnya ayam diambil telur dan dagingnya, kambing dan sapi dipelihara untuk diambil dagingnya. Ada juga hewan peliharaan yang dirawat untuk dinikmati keindahan suaranya seperti burung dan dinikmati keindahan seperti ikan.

(sumber foto dari zona-kita-com)

(sumber foto dari tokopedia.com)

(sumber foto dari suaraberita-com)

(sumber foto dari anneahira-com)

Tanaman yang berada di sekitar manusia yang digunakan sebagai sumber makanan pokok yaitu padi, jagung, singkong dan ketela. Tanaman sayuran misalnya wortel, bayam, seledri. Tanaman yang digunakan untuk obat-obatan misalnya jahe (untuk melegakan tenggorokan), kunyit (mengobati sakit perut) dan kina (obat malaria). Ada juga tanaman yang menjadi bahan bangunan mialnya pohon jati, pohon mahoni, pohon bambu, pohon kelapa.

(sumber foto dari budidayanews-blogspot-com)

(sumber foto dari rahassia-wordpress-com)

(sumber foto dari tipsmudahdiet-blogspot-com)

(sumber foto dari addriadis-blogspot-com)

 

Tanaman perkebunan contohnya adalah kelapa sawit (untuk membuat minyak goreng), kelapa (semua bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan, tanaman karet (bahan untuk membuat ban), tanaman kopi dan teh (untuk membuat bahan minuman).

Tanaman pertanian misalnya jagung dan singkong. Jagung merupakan makanan pengganti nasi.Bagian dari tanaman jagung yang dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan adalah bagian kulit dan bonggolnya.

 

Daftar Pustaka:

Irene MJA. 2016. BUPENA 4A untuk SD/MI Kelas 4. Penerbit Erlangga, Jakarta.