Art 3.2

Menyanyi Sesuai Tinggi Rendah Nada

Anak-anakku, lagu daerah adalah bagian dari keragaman budaya bangsa. Gundul-gundul Pacul adalah lagu daerah dari Jawa Tengah. Lagu ini diciptakan oleh R.C.Hardjosubroto (BUPENA page 90). Berikut lirik Lagu Gundul-gundul Pacul.

Gundul-gundul pacul cul gembelengan

Nyunggi-nyunggi wakul kul gembelengan

Wakul glimpang segane dadi sak ratan

Anak-anakku, masih ingat tentang tempo? Tempo ada beberapa diantaranya adalah tempo allegro (cepat), moderato (sedang), largo (lambat) dan maestoso yang artinya khidmat. Indonesia terdiri dari ribuan pulau dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua. Berikut lirik lagu Dari Sabang Sampai Merauke ciptaan R.Surarjo.

Dari Sabang sampai Merauke. Berjajar pulau-pulau.

Sambung menyambung menjadi satu. Itulah Indonesia

Indonesia tanah airku. Aku berjanji padamu

Menjunjung tanah airku. Tanah airku Indonesia

 

Art 3.3

Traditional Dance

Indonesia memiliki beragam tarian daerah. Setiap tarian daerah memiliki gerakan yang berbeda-beda. Gerakan-gerakan berpindah membentuk sebuah garis. Garis yang dilalui penari inilah yang disebut pola lantai. Contoh pola lantai adalah berupa garis lurus, garis diagonal, segitiga, persegi, zig zag, segilima dan lingkaran. Setiap tarian daerah diiringi oleh musik tradisional. Contoh musik pengiring tarian tardisional adalah alat musik gamelan (BUPENA page 133).

Art 3.4

Karya Seni Aplikasi

Karya seni aplikasi adalah salah satu cara menghias kain menggunakan motif dengan warna yang beragam. Contoh karya seni aplikasi adalah karya seni menempelkan kain flanel di bantal atau boneka.

Daftar Pustaka

Irene M.J.A. 2016. Buku Penilaian BUPENA Jilid 4C. Penerbit Erlangga, Jakarta.