Hak dan Kewajiban Manusia terhadap Lingkungan

Anak-anakku kelas 4A MI Muhammadiyah Karanganyar. Sampailah kita di tema penghujung akhir tahun ajaran ini. Tidak terasa Mr.Supri sudah hampir satu tahun membersamai kalian, dan saatnya kalian akan segera naik kelas 5. Tema kita kali ini adalah Kayanya Negeriku. Sebagai negara yang besar, Indonesia adalah negara yang kaya. Kita tinggal di negara yang sangat besar. Kita pantas bersyukur karena kita tinggal di negara yang memiliki kekayaan berupa keindahan alam yang luar biasa.

Lingkungan yang asri, nyaman dan aman merupakan lingkungan yang diharapkan setiap orang. Untuk mendapatkan hak berupa tempat tinggal yang nyaman tentu kita harus menjaga dan melestarikan lingkungan yang merupakan salah satu kewajiban kita bersama. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan alam harus ditumbuhkan sejak kecil. Salah satu cara menumbuhkan kesadaran tersebut adalah dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan tersebut seperti berhemat air dan juga membuang sampah pada tempatnya.

 

 

Hak dan Kewajiban terhadap Sumber Energi

Indonesia adalah negara yang sebagian besar wilayahnya adalah lautan. Banyak yang dimanfaatkan dari laut Indonesia, diantaranyata adalah untuk pembangkit listrik tenaga ombak air laut, sebagai sumber garam dan sumber makanan. Kita sering makan makanan hasil laut Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita ikut menjaga kelestarian laut Indonesia. Adapun caranya adalah dengan:

1. Ikut serta menjaga kebersihan laut dan pantai,

2. Menanam bakau di pinggir pantai,

3. Mengurangi penangkapan yang berlebihan, dan

4. Tidak meggunakan bahan peledak, pukat harimau maupun racun saat menangkap ikan.

Anak-anakku, di beberapa kesempatan Mr.Supri melihat ada orang yang suka membuang sampah di sungai. Hal ini akan berakibat air sungai meluap yang disebabkan air tidak bisa mengalir dengan lancar karena sampah. Selain itu, terkait dengan ketersediaan air bersih, kita wajib melestarikan ketersediaan air bersih. Cara melestarikan ketersediaan air bersih yaitu:

1. Mematikan kran air saat tidak digunakan,

2. Menanam pohon di pekarangan rumah,

3. Membuang sampah di tempat yang telah ditentukan dan,

4. Mandi dan mencuci dengan air secukupnya.

5. Mengolah air limbah

Anak-anakku, hutan adalah paru-paru dunia. Kewajiban manusia terhadap hutan yaitu:

1. Melakukan reboisasi,

2. Tidak menebang pohon secara berlebihan dan juga,

3. Menebang dengan tebang pilih, serta

4. Tidak membuka hutan untuk dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata.

 

Untuk melestarikan sumber daya alam yang ada perlu dilaksanakan kerjasama. Berikut termasuk sikap kerjasama dalam melaksanakan kewajiban menjaga kelestarian sumber daya alam yaitu:

1. Melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan,

2. Melakukan kegiatan reboisasi,

3. Pengelolaan sampah dengan baik dan benar dan

4. Menyediakan tempat sampah di beberapa titik lokasi.

 

Daftar Pustaka

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Kayanya Negeriku (Tema 9). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Irene M.J.A. 2016. Buku Penilaian BUPENA Jilid 4D. Penerbit Erlangga, Jakarta.