Contoh P5P2RA Kelas 4 MI

Standar

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rohmatan Lil’alamin (P5P2RA) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. P2RA merupakan profil yang bersifat khusus dan spesifik, yang berlaku bagi pelajar madrasah yang memiliki kompetensi keagamaan sebagai kekhasannya yaitu diantaranya adalah berkeadaban (ta’addub); keteladanan (qudwah); kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah); mengambil jalan tengah (tawassuṭ); berimbang (tawāzun); lurus dan tegas (I’tidāl); kesetaraan (musāwah); musyawarah (syūra); toleransi (tasāmuh); dan dinamis dan inovatif (taṭawwur wa ibtikār);

Dasar pelaksaan P5 adalah Kepmendikbudristek No.56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Sedangkan dasar pelaksanaan P2RA di madrasah adalah KMA No. 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah.

Untuk semester gasal ini P5P2RA di Kelas 4 MI Muhammadiyah Karanganyar mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan Subtema Hijau Madrasahku, Badan Sehat Tujuanku. Adapun alur kegiatan P5P2RA di MI Muhammadiyah Karanganyar dimulai dengan Sosialisasi tentang P5P2RA dilanjutkan dengan mengerjakan lembar asesmen diagnostik, menggambar tanaman sayur yang disukai siswa, membersihkan lahan yang akan digunakan untuk menanam tanaman terong, mencampur tanah dengan pupuk kandang, membuat booklet dari alat dan bahan yang sudah disiapkan dari rumah, mendengarkan penjelasakan guru tentang cara menanam terong dengan baik dan benar, menyiapkan media tanam, menanam terong sesuai arahan yang telah disampaikan guru.

Sembari menunggu pertumbuhan terong, siswa menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk menyemai benih sawi, menebar benih sawi yang telah disiapkan pada wadah, mendengarkan penjelasan guru tentang cara menanam bibit sawi yang sudah disemai pada minggu sebelumnya, menyiapkan media tanam dan menanam sawi sendok sesuai arahan yang telah disampaikan guru pada polibek. Proyek diakhiri dengan kegiatan panen terong masal. Barakalloh.

Tinggalkan komentar